Social Day, Dari KOMAP Untuk Masyarakat Jipangan



Nuansa Online – Sebagai wujud pengabdian di masyarakat, Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAP UMY) mengadakan acara Social Day (13/10). Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Gebyar Goverment dengan tema ‘Generasi Aktif Untuk Menciptakan Masyarakat Kreatif’. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2018. Dalam melakukan program tersebut Panitia memilih lokasi di Dukuh Jipangan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Di RT 02 Dukuh Jipangan mahasiswa ilmu pemerintahan 2018 mengadakan acara dengan tema "Keberagaman Dalam Berpolitik". Selain dari pada itu mahasiswa juga menggelar pasar murah dimana agar warga disana dapat mendapatkan sembako dengan harga yang ekonomis dibandingkan dengan harga pasar. Ada juga berbagai macam lomba yang diadakan untuk warga sekitar mahasiswa juga ikut berpartisipasi dalam berbagai macam lomba untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat sekitar.

Mahasiswa juga memberikan sosialisasi tentang pendidikan pemilu politik untuk warga sekitar. Pendidikan politik saat ini sangat penting karena pemahaman masyarakat hingga saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa sistem politik bukan urusan masyarakat melainkan urusan pemerintah masih banyak juga masyarakat yang ragu atau bahkan tak ingin tahu tentang politik. Pendidikan politik juga mencegah terjadinya golongan putih (golput). Tujuan adanya sosialisasi ini adalah menciptakan warga negara yang sadar akan kehidupan berbangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, membuat rakyat Indonesia mampu memahami situasi sosial-politik serta mencegah terjadinya golput. Padahal satu suara sangat penting untuk perubahan apalagi akan ada Pemilihan Umum dan Presiden 2019 mendatang maka dari itu partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan.
Aksi mahasiswa di masyarakat


Ketua RT 02 dukuh Jipangan Ahmat Mujiyat, sangat menyetujui bahkan mendukung acara tersebut. Bahkan warga dan pemuda desa tak segan saling bergotong royong demi membantu mensukseskan acara ini. Respon warga dan para pemuda desa pun sangat antusias bahkan mereka semua ikut memeriahkan acara ini.

Harapan dari adanya acara ini adalah membangun keakraban antara warga dan mahasiswa, membuat mahasiswa zaman sekarang untuk ikut bergotong royong dengan kegiatan-kegiatan positif ini, serta membuat mahasiswa menjadi lebih kreatif. Hal tersebut mampu membantu dan meningkatkan peran mahasiswa di lingkungan masyarakat. (agt)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar