BEM KM UMY Jadi Tuan Rumah Rakorwil BEM PTMI Zona IV


Nuansa Online - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM KM UMY) membuka rangkaian acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia (BEM PTMI) Zona IV dengan mengadakan seminar yang bertema ‘Mengawal Muhammadiyah Dalam Mewujudkan Inklusivitas Pendidikan Demi Terciptanya Generasi Berkemajuan’ di Amphitheater Gedung E6 UMY pada Kamis (11/10).

Sejatinya, Rakorwil BEM PTMI Zona IV kali ini lebih terkonsentrs pada dua isu yakni pendidikan dan agraria. Dipilihnya tema tersebut adalah untuk merefleksikan kondisi dari pendidikan masa kini yang masih terjadi ketimpangan antara satu wilayah dengan wilayah lain. Melalui Rakorwil ini, para mahasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dapat bertukar pikiran mengenai langkah dan peran mahasiswa Muhammadiyah untuk mengatasi permasalahan pendidikan yang di Indonesia. 

Dalam sambutannya, Presiden BEM KM UMY, Affan Ghaffar Fadilah menyampaikan pandangannya mengenai pendidikan. “Pendidikan adalah ranah politis, arena yang memiliki keterpihakan, karena dari pendidikan menghasilkan mahasiswa yang kritis atau apatis.” tutur Affan.  Selain itu, ia berharap Rakorwil kali ini dapat menjawab kondisi saat ini seperti sejauh mana pendidikan hari ini, perubahan apa yang Muhammadiyah berikan untuk pendidikan hari ini, dan kemana arah PTM dan BEM PTM hari ini.

Seminar yang menjadi pembuka dari rangkaian acara Rakorwil ini sendiri dihadiri oleh utusan BEM dari berbagai universitas Muhammadiyah dari wilayah D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah, perwakilan BEM Fakultas, dan perwakilan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas. Sementara itu, Ben Senang Galus selaku perwakilan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Fajar Radite dari Sekolah Merapi, dan Robi Habiba Abror dari Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah hadir sebagai narasumber dalam acara seminar ini. (ska)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar