Tumbuhkan Nasionalisme, GBN Gelar Kemah Kebangsaan di Patok Perbatasan



Nuansa Online - Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN UMY) yang tergabung dalam Komunitas Generasi Bakti Negeri (GBN) mengadakan Kemah Kebangsaan pada Sabtu-Mingu (4-5/8) bertempat di Patok 15 Perbatasan RI-Malaysia. Mengusung tema "Menumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air di Teras Utara Negeri", kemah ini diikuti oleh siswa/siswi SMK di Sebatik Barat.

Arfan, selaku ketua panitia kemah kebangsaan mengungkapkan bahwa kemah tersebut bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta NKRI. "Kita harus terus berjuang, walaupun kita diperbatasan kita tidak boleh kalah dengan negara tetangga, " ungkap Arfan.

Selain siswa/siswi SMK, kemah ini juga dihadiri oleh Pos Keamanan Marinir TNI AL dan juga Perwakilan Kwartir Ranting Kecamatan Sebatik Barat, Azroy. Dalam sambutannya Azroy mengajak agar peserta terus berkarya dan meningkatkan kualitas diri. "Walaupun kita tinggal di perbatasan, namun kita tidak akan menjadi manusia yang terbatas, " tutur Azroy.

Mustofa selaku perwakilan Pos Keamanan Marinir Bambangan menghimbau peserta agar menjaga sopan santun dan keselamatan karena kegiatan berlangsung pada Patok Perbatasan RI-Malaysia. "Apa gunanya tujuan acara tercapai jika yang kurang selamat," ujar Mustofa. Ia menambahkan walaupun kehidupan masyarakat Sebatik didominasi produk negara tetangga namun kita harus tetap cinta tanah air.

Mustofa berpesan kepada GBN dan Peserta agar kepedulian terhadap daerah pedalaman dan perbatasan terus berlanjut. "Jangan hanya berhenti sampai di upacara seperti ini, percuma. Tapi kita harus selalu tanamkan dalam diri anda bahwa masih ada daerah pedalaman dan perbatasan yang perlu dibangun, " tutup Mustofa. (aulia)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar