Semarak Perayaan Kemerdekaan di UMY



Nuansa Online - Semarak kemerdekaan dirasakan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Jumat, (17/08). Bertempat di Lapangan Bintang UMY, seluruh peserta upacara berkumpul untuk mengikuti perlombaan yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana lomba. Peserta meliputi seluruh civitas akademika UMY seperti dosen, karyawan dan mahasiswa dari berbagai organisasi. Adapun jenis perlombaan yang diselenggarakan yaitu estafet kelereng, balap karung, makan kerupuk yang terdiri dari 3 orang per kelompok, serta tarik tambang yang dikhususkan untuk laki-laki dan terdiri dari 5 orang per kelompok.

            “Awal mula adanya inisiatif dari resimen mahasiswa yang mengajukan diadakannya lomba 17 agustus ke pihak kampus, yang kemudian direspon dengan positif serta langsung mengamanahkan panitia dari seluruh UKM yang ada. Untuk penanggung jawab pun ditunjuk kepada MENWA sebagai penanggung jawab upacara dan Drum Corps sebagai penanggung jawab perlombaan”, ungkap Ghulam selaku panitia perlombaan.


           Ghulam juga menyatakan bahwa persiapan perlombaan telah dilaksanakan dari satu bulan yang lalu. Persiapan tersebut meliputi petugas upacara dan panitia perlombaan yang diambil dari perwakilan seluruh UKM, BEM, dan setiap fakultas yang dikoordinasi oleh pihak kampus sendiri.

Terkait registrasi perlombaan dibuka setelah upacara berlangsung, mengingat untuk menarik massa yang hadir dalam upacara. Untuk pelaksanaan lomba hanya dikhususkan satu hari saja dengan durasi dari setelah upacara hingga sebelum dilaksanakannya ibadah sholat Jum’at. Adapun tujuan diadakannya perlombaan adalah untuk memeriahkan semarak kemerdekaan Indonesia, selain itu juga dapat menjalin silaturahmi antara civitas akademika yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dimas selaku salah satu partisipan yang mengikuti lomba, mengungkapkan antusiasmenya, “sangat menyenangkan sekali, karena saya biasa ikut lomba di kampung halaman, dan ini pertama kalinya mengikuti lomba di kampus. Saya berharap semangat kemerdekaan bukan hanya hari ini saja tapi setiap hari, ” ucap Dimas.

Dalam cabang estafet juara kedua diraih oleh MENWA dan juara ketiga diraih oleh HIMAGRO. Untuk cabang tarik tambang sendiri, juara kedua dimenangkan oleh DC UMY serta juara ketiga adalah MENWA. Perlombaan berakhir sekitar pukul 11.00 dengan KM IMM sebagai juara umum pada kedua cabang perlombaan.

Danang Fawariz Akbar, selaku perwakilan KM IMM Universitas yang mengikuti kedua lomba yaitu estafet dan tarik tambang, merasa senang karena selain menjadi juara tapi juga dapat merasakan kekeluargaan antar civitas akademika yang ikut bertasipisasi dalam lomba tersebut. “Saya berharap tahun depan lomba ini tetap dilaksanakan dengan lebih meriah lagi dari sebelumnya,” (dee,aci)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar