HUT RI ke 73, UMY Khidmat Melaksanakan Upacara Bendera



Nuansa Online - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peringati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73 tahun dengan melaksanakan upacara bendera. Upacara tersebut dihadiri oleh para dosen, karyawan, dan mahasiswa dari berbagai jurusan dan organisasi di lapangan Gedung AR Fachrudin pada Jumat, pukul 07.00 WIB (17/08). Upacara ini diadakan sebagai salah satu wujud syukur dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berjasa atas kemerdekaan yang dikaruniakan oleh Allah SWT.

            Peserta upacara dibariskan menjadi 2 pleton yaitu laki-laki dan perempuan. Dimana satu pleton terdiri karyawan dan mahasiswa. Inspektur upacara adalah Wakil Rektor 2, Dr. Nano Prawoto yang sekaligus membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dalam amanat upacaranya beliau menyampaikan bahwa kita harus bersyukur atas kemerdekaan yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Bagi kita generasi penerus, pengisi kemerdekaan, kita harus ikut andil memajukan bangsa. Salah satunya dengan meningatkan potensi sumber daya manusia yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. UMY terus meningkatkan generasi penerus yang berprestasi dalam bidang akademis maupun non akademis, melalui keikutsertaan kita dalam ajang perlombaan nasional maupun internasional,” paparnya.

Upacara kali ini juga melibatkan Menwa dan Pramuka UMY sebagai petugas upacara, serta didukung oleh Sunshine Voice UMY dan Drum Corps UMY sebagai pengisi acara dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kemerdekaan, dan Mars Muhammadiyah.

“Dibandingkan tahun lalu, upacara kali ini lebih bagus dan persiapannya lebih matang. Apalagi dilihat dari antusiasme tahun ini yang lebih banyak, bukan hanya para mahasiswa, dosen dan karyawan juga ikut berpartisipasi,” kata Ayu, yang merupakan salah satu panitia upacara ini. Setelah upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia dilanjutkan dengan lomba khas kemerdekaan. Seperti estafet balap karung, tarik tambang, dan sebagainya. Dimana pesertanya berasal dari seluruh civitas akademika UMY baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa. (lym, srft)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar