Resmi Dilepas, Peserta KKN 3T UMY Siap Menjalani Pengabdian




Nuansa Online -
Sebanyak 215 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang tergabung dalam 7 komunitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) 3T resmi dilepas. Ke 7 komunitas tersebut antara lain Dharma Cita Nusantara, Gerakan Indonesia Mengabdi, Pena, Mahardika Bakti Nusantara, Unit Pengabdian Mahasiswa, Generasi Bakti Negri, dan yang terakhir Lensa Borneo. Pelepasan ini dipandu langsung oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Sukamta, S.T., M.T bertempat di Ruang Sidang Gedung Ar Fachrudin A lt 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (25/6).

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh peserta KKN 3T, beliau membekali beberapa nasihat yang nantinya dapat diterapkan di tanah pengabdian. Rencananya ke tujuh komunitas tersebut akan mengabdi di 4 Pulau yang ada di Indonesia, yakni NTB, NTT, Kalimantan, dan juga Papua. Rencananya ada beberapa kelompok yang mulai berangkat pada Senin malam, 25 Juni 2018.

Program yang bertemakan “Mengabdi Untuk Negeri, Membawa Inspirasi” ini menunjukkan bahwasanya fungsi KKN 3T ini adalah menjadi pion untuk menginspirasi warga terutama bagi kaum muda yang tinggal di daerah 3T agar mampu dan mau untuk berkembang dan bersaing dengan daerah lainnya. Disamping itu, program ini juga dinilai dapat membantu mewujudkan visi misi UMY dalam mengabdi kepada masyarakat. Yang tak kalah menarik adalah bagaimana mahasiswa peserta KKN tersebut mampu menginspirasi mahasiswa lain untuk ikut terjun langsung dalam mengabdi kepada masyarakat terpencil, tertinggal, serta terdepan.

“Dengan adanya program KKN 3T ini, kami mengharapkan mahasiswa peserta dapat melihat dan merasakan secara langsung bagaimana kehidupan di daerah 3T. Adapun harapannya setelah selesai KKN, mahasiswa tetap rela berkiprah untuk masyarakat 3T, dan komunitas komunitas ini masih tetap ada untuk bersama sama, bekerja sama dengan pihak kampus dalam mengabdi kepada masyarakat,” ucap Aris, ketua panitia pelaksana dalam sambutannya. (Nafa)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar