UNIRES : Tempat Tinggal Nyaman Mahasiswa UMY



Nuansa Online - University Residence Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UNIRES UMY) merupakan hunian atau bisa juga rumah baru bagi mahasiswa UMY. Tujuan dari Unires antara lain adalah untuk memberikan pembinaan kepribadian serta keislaman bagi mahasiswa UMY. Unires akhirnya diresmikan berdiri pada tanggal 29 Februari 2008. Unires memiliki tiga gedung, Unires putra satu gedung dan Unires putri dua gedung. Setiap tahunnya Unires menerima sekitar 300 mahasiswa calon residence.  

Perkembangan Unires sendiri dari dulu hingga sekarang tidak mengalami pelompatan dari waktu ke waktu selalu konstan dan setiap tahun selalu diadakan evaluasi terkait seluruh hal termasuk programnya, evaluasi terkait output Unires sehingga yang dirasa belum baik akan diperbaiki ulang agar selaras dengan visi Unires.. Visi Unires ialah menjadi ruang pembelajaran yang berkualitas bagi mahasiswa UMY agar menjadi sarjana yang berkarakter, mampu mengembangkan diri dan menjadi kader pemimpin Islam masa depan.

Program Unires yang akan dicoba untuk dikembangkan antara lain konseling dengan menggerakkan program konseling sebaya (Peer Counseling) yang akan dimulai pada tahun ini. Selain itu ialah program pengembangan bahasa, pengembangan bahasa sendiri ada dua yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Program lainnya ialah tentang pembinaan dan pengembangan karakter yakni moral dan kinerja agar kedua hal itu bisa dikembangkan dengan baik.

Proyek Unires di masa depan yang akan dikembangkan merupakan gagasan dari UMY yang menjadikan Unires sebagai tempat pembinaan mahasiswa yang secara khusus. Sementara di UMY sendiri juga bisa dikembangkan program pembinaan mahasiswa yang berkelanjutan sehingga Unires nanti akan menjadi tempat pembinaan awal kemudian setelah selama satu tahun di Unires dan dinyatakan lulus atau keluar dari Unires mahasiswa bisa mewarnai pengembangan ke mahasiswa di UMY.

Haflatul Wada’ atau biasa disebut HW merupakan acara puncak atau perpisahan di Unires. Di HW terdapat berbagai macam acara dan dihadiri oleh Rektor serta dekanat setiap fakultas yang ada di UMY. “Alhamdulillah selama di Unires dengan dibarengi kuliah, saya masih bisa menimba ilmu agama. Dengan adanya program pembiasaan, klasikal, dan mentoring, kehidupan sosial serta akhlak saya juga lebih terkontrol selama berada di Unires. Saya juga senang sekali karena mendapatkan teman-teman baru dan tempat tinggal yang nyaman. Harapan saya setelah lulus dari Unires, saya bisa menjadi pribadi yang bermanfaat karena dasar dari kehidupan adalah bentuk pengabdian yang artinya kita kembali kepada umat,” ungkap Faiz, residence 2018

Pendidikan Aagama Islam. Jumlah tahun ini total masuk 305 dan total lulus 278 residence. Di Unires terdapat tahapan kepengurusan, ketika mahasiswa baru atau semester satu dan dua disebut residence, semester tiga empat melalui proses pendaftaran dan jika lolos seleksi bisa menjadi  Asisten Senior Residence (ASR) dan naik menjadi Senior Residence (SR) pada semester lima enam. Jika masih lanjut, maka akan menjadi pembina dengan jumlah pembina yang ada di Unires sebanyak enam orang dengan pembagian putra dua orang dan putri empat orang. Jumlah SR/ ASR putra 16 orang dan SR/ ASR putri 34 orang.

Program rutin di Unires ada tiga yaitu pembiasaan, klasikal, mentoring. Pembiasaan 24 jam seperti sholat 5 waktu, busana sesuai syariah, olahraga, dll. Klasikal dari hari senin sampai jum’at mulai ba’da maghrib dan ba’da subuh, materinya ada bahasa inggris, tahfiz, tahsin, tafhim, dll. Mentoring bentuknya setoran ke SR/ASR. Ada setoran hafalan, praktek ibadah dan ada tambahan yaitu juz 29 bagi pengurus.

Istilah disini adalah usrah, diambil dari bahasa arab yang artinya keluarga. Nama-nama setiap lorong memakai nama para sahabat ada Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar bin Khtattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Ibnu Taimiyah, Aisyah, Khadijah, dll bagi yang putra dan bagi putri menggunakan nama seperti Aisyah, Khadijah,dll.

Kegiatan non rutin meliputi lomba-lomba, satu tahun dua kali dengan setiap semester satu kali. Semester satu ada Pekan Olahraga Unires (POUN) dan semester dua ada Pekan Kompetisi Unires (PKU). Yang membedakan adalah di PKU bukan hanya olahraga tetapi umum, meliputi cerdas cermat, adzan, tahfiz dan dengan closing Haflatul Wada, dengan panitia dari SR/ ASR serta yang memberikan penampilan adalah residence.(aciziyan)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar