Debat Pertama, Mahasiswa Dihimbau Datang Memilih


Nuansa Online - Battle of Vision’ menjadi tajuk utama dalam Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Putaran Pertama pada Senin (7/5) pagi di Gedung A.R. Fachruddin B lantai 5. Mempertemukan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut satu Muhammad Syauqi Muzhoffar dan Rossyidah Az Zahra dari Partai Jas Merah (PJM); serta nomor urut tiga dari Partai Islam Progresif (PIP), Affan Ghaffar Fadillah dan Hilmy Prilliadi, Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UMY, Bima Kuntarajati mengharap isi debat akan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk memilih nantinya, Kami menghimbau pada hadirin yang ada di ruangan ini untuk bisa mencoblos pada tangal 14 Mei 2018. Kami selenggarakan di setiap TPS yang ada di fakultas masing-masing.”

Di sisi lain, Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, dalam sambutannya menekankan pada sisi edukasi demokrasi dari penyelenggaraan Pemilihan Umum Raya (Pemira) UMY. “Anda sudah belajar demokrasi. Sudah membuktikan bahwa demokrasi itu memang ada gunanya. Kita akan perang ide,” ujarnya. Gunawan juga berpesan agar tidak meributkan siapapun pemenang Pemira, tetapi menekankan pada proses belajar di dalamnya.

Visi dan Misi, Bukan Ambisi

Dalam pemaparannya, Paslon nomor urut 1 menyampaikan gambaran dalam pengkaryaan mahasiswa. “Bagi kami karya itu bisa berbentuk suatu kegiatan ataupun suatu hasil karya yang disini membawa nama baik BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) KM (Keluarga Mahasiswa) UMY, nama baik mahasiswa, dan nama baik universitas. Dalam prakteknya, kami membuat suatu program yang nanti isinya kami merangkul penulis-penulis muda UMY untuk membuat suatu karya seperti buku, diterbitkan oleh BEM itu sendiri. Kita selalu meng-create budaya untuk menulis, tapi ketika menampung mereka dalam suatu karya yang itu bisa diingat sampai kapanpun,” ujar Syauqi Muzaffar, Capres dari PJM.

Sementara itu, Paslon nomor tiga, menggambarkan rencana kerjanya sebagai tri-orientasi. Ini adalah bentuk dari kemajuan kita, yang meliputi tentang pendidikan, sosial masyarakat dan sosial politik. Indikator keberhasilan berkemajuan kita adalah dengan mengusung gagasan triorientasi, itu yang menjadi grand desain yang akan dijabarkan melalui misi kami dari program-program,” ujar Affan Ghaffar Fadillah, Capres dari PIP.
Adapun Visi dan Misi dari kedua Paslon peserta Pemira ini sebagai berikut:

PJM: Meningkatkan nilai-nilai keislaman lingkungan kampus UMY. Mewujudkan budaya politik nilai di lingkungan student government. Menjadikan BEM KM UMY lebih dari sebuah event organizer yang memiliki program kerja yang terukur dan terarah. Menggagas garis koordinasi yang jelas antara BEM KM UMY dengan seluruh stakeholder yang ada di UMY. Serta mengoptimalisasi peran perempuan dalam lingkungan kampus (Visi dan Misi).

PIP: Terwujudkan masyarakat UMY yang Islami dan berkemajuan (Visi). Memaksimalkan sistem manajerial BEM KM UMY. Membangun kesadaran kritis mahasiswa UMY. Membangun mahasiswa dan masyarakat UMY yang berkarakter Islami. Mengoptimalkan nilai-nilai humanis. Membangun bergaining position bersama birokrasi kampus (Misi)(cdl, yuni)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar