Tampilkan Kehidupan Urban Masyarakat Kokoda


Nuansa Online - Menyoroti pengaruh semakin majunya fasilitas dan infrakstruktur masyarakat Kokoda terhadap lunturnya kebudayaan setempat secara perlahan, Mahardika Bakti Nusantara (MBN) kembali mengadakan pameran bertema ‘Menelisik Kehidupan Masyarakat Urban Suku Kokoda’. “Jadi disini ada kata urban, sebuah transisi walaupun perlahan namun terjadi di masyarakat Warmon, Kokoda,” jelas Ade, Konseptor acara.

Nafis Nidhomi, Ketua Panitia Pameran, menjelaskan Suku Kokoda merupakan salah satu suku di Indonesia yang sampai saat ini masih mempertahankan nilai-nilai kebudayaannya. Akan tetapi, Suku Kokoda, yang berasal dari Sorong Selatan, Papua, kemudian berpindah sebagian ke daerah Warmon. Masyarakat di Warmon inilah yang secara tidak langsung mengalami ‘urbanisasi’ baik perpindahan tempat tinggal maupun pergeseran kebudayaan.

Dibandingkan dengan tahun lalu, Nigeyo Kokoda 2 kali ini lebih mendalam dalam menampilkan adat istiadat masyarakat Kokoda, yang dikemas dalam bentuk pameran foto dan performing art pada 21-24 April 2018. “Dibanding tahun lalu, fotonya lebih dalam tahun ini, karena kita masuk ke adat istiadatnya, kebiasaan mereka dan sebagainya. Kalau yang dulu lebih ke pengenalan program kerja MBN,” terang Nafis.

Dalam waktu dekat, komunitas MBN akan kembali mengirimkan tim untuk mengabdi di Suku Warmon.Tim yang akan diberangkatkan pada bulan Juni 2018 merupakan tim ketiga dari MBN.

Kedepannya, MBN akan terus menggiatkan pengabdian terutama kepada masyarakat adat. “Dalam jangka panjang, kami akan menggiatkan Mahardika Bakti Nusantara ini menjadi suatu komunitas yang mengabdi terhadap masyarakat adat,” tutup Nafis. (nafa, ans)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar