SEADC: Mahasiswa Perlu Berperan dalam National Development



Nuansa Online - Mengangkat tema Peran Pemuda dalam National Development Indonesia, Student English Activity (SEA) kembali menggelar Student English Activity Debate Competition (SEADC) yang diikuti oleh lebih dari 20 universitas se-Indonesia. National development memiliki banyak aspek, tapi disini kita lebih melihat human resource dan ekonomi-nya Indonesia. Dimana Human Resource Indonesia masih belum developed seperti negara-negara tetangga, dan masih tertinggal oleh negara lainnya,” ujar Engka Charisma, Ketua Pelaksana, ketika ditemui usai pembukaan kompetisi, Jumat siang (27/4).

Engka juga mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan Pemuda untuk berperan dalam national development, misalnya dari mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) sampai melakukan hal-hal sederhana seperti membuang sampah ditempatnya. Melalui aktivitas seperti itu, secara perlahan dapat membangun pemikiran dan psikologi Indonesia dalam menyelesaikan masalah kecil sebelum menyelesaikan masalah yang lebih besar. Keluaran yang diharapkan dari kompetisi ini juga untuk membentuk pemikiran seluruh peserta, yaitu mahasiswa sekaligus pemuda, untuk berperan dalam national development di masa mendatang.

Tema national development juga mendapat respon antusias dari para peserta kompetisi debat, misalnya Natasha, peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Banyuwangi, berpendapat peran pemuda dalam national development dapat dimulai dengan melakukan hal yang berdampak baik untuk sesama, seperti menghargai orang lain. National development itu tidak hanya berasal dari satu-dua orang dan tidak hanya bertumpu dengan peran pemuda, bahkan Presiden kita saja bukan orang muda. Jadi kita tidak bisa sepenuhnya menumpukan pembangunan nasional kepada pemuda,” ujarnya.

Sementara itu, peserta terjauh, yaitu Zaky yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Pontianak, juga menunjukkan semangatnya dalam mengikuti kompetisi. “National development menurut saya merupakan suatu perencanaan oleh pemerintah untuk kepentingan masyarakat. Peran yang saya dapat lakukan sekarang adalah berbagi pemikiran saya. Apa yang nyata betul-betul di lapangan dan apa yang saya pikirkan dapat saya utarakan,” ungkapnya.

SEADC ini sendiri akan dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 27- 29 April 2018 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (lym, hazl)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar