Mahasiswa Krisis Golput



Nuansa Online - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, M. Johan Komara, dalam perbincangannya dengan Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Selasa pagi (24/4) di Kantor KPU Bantul, menilai mahasiswa terlihat apatis karena hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tidak akan berpengaruh besar kepada diri mereka secara langsung. Namun, lanjutnya, beda cerita jika jumlah mahasiswa banyak yang Golongan Putih (Golput) dan tidak menggunakan hak suara mereka, tentu akan berdampak kepada wakil rakyat yang terpilih nanti, misalnya ketika ada Calon Legislatif (Caleg) yang memiliki track record bagus, tapi jika tidak memiliki suara maka tidak akan terpilih menjadi wakil rakyat.

Intinya penting memilih karena di Inonesia sendiri menganut paham demokrasi yang alurnya memang harus memilih, mengkonversi dari suara,” tegasnya. Walaupun dalam penjelasannya ia tidak memungkiri bahwa memilih itu adalah hak yang tidak bisa dipaksakan, apalagi untuk mahasiswa dengan idealisme tinggi, tapi Pemilu sendiri mempunyai prinsip one person, one vote, one value.

Masalah utama mahasiswa memilih untuk Golput adalah timbulnya pertanyaan-pertanyaan seperti, mengapa saya harus memilih? Apa keuntungan bagi saya jika saya memilih? Toh yang jadi pemimpin juga nanti yang koruptor,” tambahnya kepada Nuansa. Dalam hal ini, Johan ingin mengajak mahasiswa agar tidak menyamakan bahwa satu orang yang berbuat keburukan itu bukan berarti semuanya buruk, mahasiswa perlu melihat kebijakan-kebijakan yang baik seperti Good Governance.

Dialog antara KPU Bantul dan KOMAP UMY ini adalah bagian dari agenda Goverment Tour yang dilaksanakan oleh Divisi Humas & Pers dan mengundang mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) UMY terutama angkatan 2016 dan 2017. “Harapannya, mahasiswa tidak hanya sekedar fanatik kepada beberapa partai tertentu namun juga bisa lebih kritis dalam memilih serta mau menggunakan hak suaranya di Pemilu nanti,” ujar Dimas, Ketua Pelaksana kegiatan. (sn, bayu s.)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar