Korupsi Berawal dari Titip Absen


Nuansa Online - “Mahasiswa yang sering titip absen juga merupakan perilaku korupsi,” ujar Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015, kepada para mahasiswa di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam kegiatan Seminar Motivasi bersama Kami Indonesia dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) UMY, Ahad siang (15/4). Abraham juga menambahkan perilaku korupsi tidak hanya tentang mencuri uang negara, namun perilaku korupsi merupakan segala bentuk perilaku yang negatif.

Lanjut, Abraham berpendapat lemahnya akhlak atau watak menjadi pemicu utama merebaknya korupsi yang terjadi dewasa ini. “Kita boleh menggantungkan cita-cita setinggi langit kecuali satu hal yang tidak boleh dilakukan yaitu kecurangan, ujarnya.

Pendidikanlah, menurut Abraham, yang menjadi kunci utama untuk membentuk karakter bangsa berakhlak dan berwatak. Pertama melalui pendidikan formal, yang harus seimbang antara pendidikan akhlak dan pendidikan kognitif, dan kedua melalui pendidikan nilai, yang didapatkan dari lingkungan keluarga. “Jangan mimpi adanya generasi emas di Indonesia jika generasinya masih melakukan perilaku korup, tungkasnya.

Abraham menambahkan, orang sukses bukanlah mereka yang mampu hidup bermewah-mewahan, tapi yang berkarakter, berintegritas. “Jangan sampai salah pesepsi jika orang yang berhasil adalah orang yang berhasil secara finansial, padahal orang yang berhasil adalah orang yang berhasil menumbuhkan dan mempertahankan integritasnya, walaupun hidupnya kurang beruntung,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang diwakili Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin juga turut menyapa mahasiswa dan melalui pidato kuncinya menyampaikan motivas bagaimana mahasiswa bisa menempatkan dirinya ditengah masyarakat untuk menjadi seorang yang berhasil melalui motivasi diri dengan nilai-nilai positif. Dari yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, tadinya tidak berkompeten menjadi berkompeten, ujarnya.

UMY menjadi kampus kedelapanbelas yang disambangi Kami Indonesia melalui Seminar Motivasinya. Selain seminar, di tengah kegiatan juga dideklarasikan Generasi Millenial Anti Narkoba melalui pembacaan bersama teks deklarasi oleh perwakilan BEM serta Senat Mahasiswa dari sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (anita r., usw)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar