Minimnya Fasilitas UMY untuk Penyandang Disabilitas

Ilustrasi oleh Enrika Yumna.

Nuansa Online - Beberapa gedung di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tidak dilengkapi fasilitas yang membantu akses untuk Kaum Difabel. Seperti lift yang mati di  gedung D beberapa waktu yang lalu, Masjid KH Ahmad dahlan, student center, lift di kampus Utara dan Selatan yang terbatas, wilayah parkir, dan lainya. Padahal terdapat beberapa mahasiswa di UMY  merupakan penyandang disabilitas.

Alhadi selaku Ketua Lingkungan dan Kawasan Biro Umum menanggapi bahwa sangat perlu adanya fasilitas yang memudahkan akses bagi penyandang disabilitas di UMY. Meskipun saat ini fasilitas yang ada menurut beliau masih sangat kurang. Alhadi melanjutkan bahwa pihak Kampus UMY berusaha semaksimal mungkin untuk proses pendidikan di UMY dapat berjalan dengan baik serta diiringi fasilitas pendukung khususnya bagi para penyandang disabilitas secara bertahap. “Pimpinan berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi mahasiswa biar gimana cara belajarnya, cara menuntut ilmunya, biar lancar dan nyaman serta itu semua dilakukan secara bertahap,tutur Alhadi.

“fasilitas yang memudahkan akses para penyandang disabilitas akan dibuat dengan tujuan demi kemudahan aktifitas difabel serta orang-orang tidak membedakan satu sama lain agar semua juga merasakan kemudahannya, imbuhnya. Alhadi kembali lagi menekankan bahwa semua dilakukan secara bertahap.

Dalam persoalan data, UMY memiliki data seluruh mahasiswa secara umum namun tidak memiliki data atau kode khusus bagi  Mahasiswa Difabel sehingga tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Pihak Biro akademik UMY mengatakan, “kita punya data seluruh mahasiswa UMY tapi tidak ada kode khusus bagi mereka penyandang disabilitas”.

Berkaitan dengan kurangnya fasilitas yang memudahkan akses difabel khususnya akses menuju Mesjid KH Ahmad Dahlan UMY, Takmir Masjid UMY, Sandrian menyarankan agar para mahasiswa lebih mudah dan iklas membantu para penyandang disabilitas untuk beraktifitas dan pihak kampus lebih bisa meningkatkan fasilitasnya. Manusia ada yang sempurna secara fisik dan mental serta ada juga yang difabel. Sebaiknya yang sempurna membantu difabel soal naik turun tangga dan lain-lain serta jika UMY bermanfaat bagi semua, mungkin bisa ditingkatkan fasilitasnya, kan sudah ada contoh di Sportorium, sudah ada jalur khusus untuk pengguna kursi roda dan harapanya di mesjid juga ada, pungkas Sandrian.

Fasilitas Penyandang Disabilitas di UMY 


Parkiran UMY membuat para penyandang disabilitas merasa kesulitan melakukan parkir saat kondisi parkiran sudah over load. Hal tersebut juga dirasakan oleh Frisna, Mahasiswa Difabel jurusan Ilmu Ekonomi angkatan 2017. Menurut dia, fasilitas kampus sejauh ini sudah cukup membantu, seperti adanya lift di beberapa gedung. Tetapi kondisi parkiran saat ini dirasa belum memadai untuk orang difabel seperti Frisna. Karena kendaraan yang digunakan Frisna adalah kendaraan modifikasi motor beroda tiga, apabila kondisi parkiran Overload maka akan kesulitan menemukan tempat parkir yang sesuai. Saat keluar juga Frisna merasa kesulitan apalagi disaat motornya terhalangi oleh motor atau kendaraan yang lain. Bantuan orang lain sangat dibutuhkan oleh Frisna disaat akan parkir maupun keluar. Untuk parkirannya itu, belum support bagi kami penyandang disabilitas. Jika overload gitu, kami kesusahan, kendaraan kami kan di modif jadi roda tiga, nah itu agak kesulitan, kalau mau keluar dan motornya terhalangi oleh kendaraan lain jadi saya harus meminta bantuan orang lain”. Kata Frisna.

”Bagi penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda, fasilitas kampus UMY masih belum support karena banyak jalan yang bertangga  dan belum ada jalan rata yang membantu meraka naik, imbuh Frisna. Kemudian Frisna juga mengaku kesulitan ketika menaiki tangga yang tidak memiliki pegangan seperti tangga di sisi utara Masjid KH. Ahmad Dahlan dan tangga di Gedung D karena liftnya mati yang akhirnya menyulitkan Penyandang Disabilitas untuk bisa membaca buku, mengerjakan tugas, diskusi di perpustakaan dan ketika belajar bahasa di  lantai 4.(fdy, afn)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar