Usung Konsep Baru, DPM FH UMY Kembali Adakan Public Hearing

Suasana public hearing di Ruang Sidang FH UMY (foto: Nuansa/uswatun)

Nuansa Online - Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum (DPM FH) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan Public Hearing pada Selasa (21/11/2017) di Ruang Sidang Fakultas Hukum UMY dengan bertemakan "Menuju Fakultas Hukum Yang Lebih Baik”. Acara ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum UMY.

Konsep hearing kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnnya. Ketua pelaksana hearing, Zainal Abidin Sekum, mengungkapkan bahwa hearing kali ini tidak dihadiri oleh pihak Dekanat sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, sehingga yang menanggapi mahasiswa-mahasiwa tersebut ialah DPM FH. Nantinya aspirasi-aspirasi mahasiswa tersebut akan ditulis pada selembar kertas lalu dibuatkan berita acaranya kemudian disampaikan kepada pihak dekanat. “Nanti jawabannya disampaikan kepada DPM FH, kemudian dari pihak DPM FH menyebarkan semua atau memberitahunya melalui mading atau social media yang dimiliki oleh DPM FH,” jelasnya.

Zainal juga mengungkapkan bahwa pada awalnya Dekan FH UMY sendiri tidak menyetujui untuk diselenggarakannya Public Hearing ini dikarenakan hal-hal yang ditanyakan oleh mahasiswa tidak berubah dari hearing sebelum-sebelumnya.  Dalam hal ini Zainal juga mengungkapkan bahwa Dekan FH sendiri menginginkan sesuatu hal yang baru.  "Pada awalnya Pak Trisno (Red: Dekan FH UMY) sendiri yang tidak menyetujui diadakannya hearing kembali, akhirnya konsep pada tahun ini dirubah. Jadi, aspirasi mahasiswa Fakultas Hukum ini tidak langsung dijawab oleh pihak Dekanat. Pak Trisno sendiri yang menyarankan konsepnya seperti itu. Tugas dari DPM sendiri itu kan menampung aspirasi mahasiswa, nah kalo kaya gini secara langsung DPM telah menjalankan tugasnya untuk menampung aspirasi mahasiswa, jelasnya kembali.


Pada hearing kali ini, mahasiswa FH UMY berharap aspirasinya dapat didengar serta direalisasikan oleh pihak fakultas. “Pada esensinya teman-teman DPM FH ingin membangkitkan kembali nalar kritis mahasiswa terhadap hak-hak mereka yang mereka dapatkan di Fakultas Hukum UMY ini, dari kegiatan ini diharapkan semua aspirasi mahasiswa FH  dapat dijawab oleh pihak dekanat, ujar Anugrah Nurul Qolbi,  mahasiswa FH UMY. Anugerah juga berharap public hearing ini mampu menjawab semua aspirasi atau mewadahi semua kegelisahan mahasiswa FH supaya disampaikan ke pihak dekanat, hingga akhirnya semua yang menjadi cita-cita dari fakultas atau mahasiswa FH UMY dapat  tercapai.(usw)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar