Gebyar Racana, 20 Tahun Pramuka UMY

Pembawa acara yang mengenakan pakaian adat dalam perayaan Ulang Tahun Pramuka UMY di UMY Boga (25/11). (Foto: NUANSA/Dany)

Nuansa Online – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka KH. Ahmad Dahlan-Nyai Hj. Ahmad Dahlan Gugus Depan Kota Yogyakarta 07.027-07.028 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), menggelar acara malam puncak dengan bertajuk ‘Gebyar Racana’ pada Sabtu (25/11) malam, di UMY Boga. Acara ini digelar dalam memperingati hari ulang tahun Racana KH. Ahmad Dahlan-Nyai Hj. Ahmad Dahlan yang telah menginjak umur ke 20 tahun.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan seperti Mohammad Sobar sebagai perwakilan dari Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, perwakilan dari UKM-UKM di UMY, dan beberapa perwakilan Ranca dari luar daerah di Indonesia. “Yang datang dari LPKA yaitu Pak Sobar, terus dari Pembina kami. Yang datang bukan hanya dari Racana Yogyakarta tapi juga beberapa yang dari luar daerah seperti Jakarta, Palembang, Semarang, jadi seluruh Indonesia,” jelas Ulfa Pinky Novitasari, selaku Ketua Pelaksana acara, disela-sela acara. Acara ini juga mengundang ICC Musik UMY untuk mengisi acara.

Menurut Muhammad Ali Ashabul Kahfi selaku ketua UKM Pramuka UMY, konsep acara lebih mengedepankan kebudayaan Indonesia. Hal ini terlihat dari kostum daerah yang digunakan oleh kedua pembawa acara tersebut. Selain itu Kahfi juga menambahkan bahwa hiasan-hiasan acara juga mengandung unsur kebudayaan daerah terlihat dari wayang-wayang sebagai ornamen panggung acara.

Selain itu acara ini rencananya akan diselenggarakan dengan konsep outdoor, namun karena pertimbangan cuaca acara diselenggarakan secara indoor, “Awalnya kita mau di Taman Firdaus karena melihat cuaca akhir-akhir ini hujan, jadi kami memutuskan untuk di Boga,” jelas Pinky. Hal ini juga dibenarkan oleh Kahfi bahwa konsep awal acara adalah acara outdoor, namun hal ini tidak menajdi masalah besar dalam terselenggaranya acara ini, “Mau di luar apa mau di dalam kekhidmatan acaranya terletak pada ketika kita berkumpulnya,” ujar Kahfi.


Nisa Fahira, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta, yang merupakan salah satu tamu undangan acara ini mengungkapkan bahwa acara peringatan HUT Ranca UMY ini sudah berjalan dengan lancar, “Alhamdulillah sudah berjalan lancar, karena setiap panitianya berkomunikasi dengan baik, dan tamu-tamunya juga ramai jadi antusiasme tamu juga memperlancar kegiatan hari ini” ungkapnya saat diwawancarai disela-sela acara. (ran/dany)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar