FOKKERMAPI Gelar Kongres Nasional

Para pembicara dalam Seminar Nasional sebagai Pembuka dari Kongres Nasional FOKKERMAPI (20/11). (Foto: NUANSA/Lifta)

Nuansa Online - Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi tuan rumah pada Kongres Nasional Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (FOKKERMAPI) 2017. Kongres Nasional tersebut dibuka dengan Seminar Nasional bertajuk “Membangun Bangsa Menjaga Pancasila” yang bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Senin (20/11). 

Seminar Nasional ini menghadirkan empat pembicara dalam perspektif yang berbeda. Brigadir Jenderal TNI Fajar Setyawan dalam bidang Pertahanan, Muhammad Romahurmuziy dalam bidang Ekonomi, Jehezkiel Stephanus George Lantu Designation dalam bidang Luar Negeri, dan R.A. Arida Oetami dalam bidang Pemberdayaan Perempuan. Hadir pula dalam seminar ini, yakni Asisten Pemerintah Bupati Bantul, Helmi Jamharis, yang sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya, Muhammad Nur Muin selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat FOKKERMAPI menerangkan, bahwa saat ini pemerintah dan mahasiswa harus saling mendukung satu sama lain supaya menjadikan negara ini menjadi lebih baik. “Selama ini pemerintah telah mensupport mahasiswa, sekarang mahasiswa yang mensupport pemerintah. Karena dengan saling mensupport itulah akan menjadikan negara ini menjadi lebih baik,” terangnya.

Pemberdayaan perempuan menjadi salah satu fokus dalam pembahasan pada Seminar Nasional ini. Direktur Kerjasama Sosial Budaya ASEAN Kementrian Luar Negeri, Jehezkiel Stephanus George Lantu Designation, menjelaskan, bahwa perempuan yang cerdas dan sehat adalah otak utama dari bangsa yang kuat. Hal ini diamini oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY, R.A. Arida Oetami. “Dibutuhkan sinergi dari semua komponen di Indonesia untuk bersatu padu bagaimana meningkatkan harkat dan martabat perempuan dan anak di Indonesia,” jelas Arida dalam paparan materinya.


Persembahan tarian dalam Pembukaan Kongres National FOKKERMAPI di Sportorium UMY (20/11). (Foto: NUANSA/Lifta)
Anang Setiawan selaku Ketua Panitia, berharap kongres tahun ini dapat menjadi kiblat dalam pelaksanaan kongres-kongres selanjutnya. Kongres Nasional FOKKERMAPI akan berlangsung hingga hari Sabtu (25/11) mendatang dengan agenda Seminar Kepemimpinan pada Selasa (21/11), kemudian dilanjutkan dengan Kongres Nasional hingga Kamis (23/11), dan ditutup dengan Gebyar Government pada Sabtu (25/11). Kongres Nasional ini merupakan kongres yang ke-22 dan pada tahun ini diikuti oleh 38 universitas di seluruh tanah air yang tergabung dalam FOKKERMAPI. (alf, ans)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar