Mencegah Tindakan Kriminal Teknologi di Kalangan Mahasiswa

Wakapolres Bantul, Kompol Mariska, tengah menyampaikan materi-nya tentang penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa (21/10). (Foto: NUANSA/Dany)

Nuansa Online - Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Seminar Hukum dengan tajuk “Pencegahan Tindak Kejahatan Teknologi Informasi di Kalangan Mahasiswa”. Bertempat di Gedung AR Fachrudin A lantai 5 pada Sabtu (21/10), turut mengundang Wakil Kepala Polisi Resor Bantul, Kompol Mariska, sebagai narasumber. Seminar Hukum yang diselenggarakan oleh LPKA diikuti oleh perwakilan dari seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan lembaga kemahasiswaan di UMY.

Hilman Latief, Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, yang juga menghadiri seminar tersebut menyampaikan seberapa penting pengaruh media sosial saat ini menjamah di dunia mahasiswa. “Saya lihat ada perbedaan karakter dalam berkehidupan nyata dan maya, ada aspek positif ada pula aspek negatif dalam bersosial media. Definisi dengan publik dan privat untuk saat ini tidak terlalu jelas. Sosial media menjadi tempat berdialog. Oleh karena itu perlu ada suatu hal yang mengatur dan membatasi,” ungkapnya dalam sambutan pembukaan.


Pencegahan tindak kejahatan teknologi informasi di kalangan mahasiswa yang sangat krusial saat ini adalah pada sektor media sosial, dimana 70% pengguna media sosial ialah  kalangan remaja. Maka dari itu Kompol Mariska berharap kepada para mahasiswa  agar cerdas menganalisis media sosial, bisa membedakan antara hoax dan yang tidak. Serta disarankan apabila ragu-ragu dalam menimbang informasi tersebut lebih baik diam. (cdl, dnx)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar