Mahasiswa UMY Peringati Sumpah Pemuda

Suasana lapangan upacara di halaman kompleks Gedung A.R. Fachruddin, UMY (28/10). (Foto: NUANSA/Ayu C)

Nuansa Online - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Sabtu (28/10), Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya upacara bendera yang diselenggarakan oleh Resimen Mahasiswa (MENWA) yang bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) UMY.

Dipimpin langsung oleh Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya mengaku bangga dengan adanya penyelenggaraan upacara hari sumpah pemuda di UMY. Menurutnya upacara adalah salah satu cara untuk memahami, menghargai, dan memaknai perjuangan para syuhada dalam mempertahankan Indonesia. “Jangan sampai kita lebih menghargai pendapat dan ide-ide orang luar, jangan sampai kita lebih menghargai orang-orang yang tidak tahu mengenai sejarah indonesia kemudian ingin menguasai, menyetir, bahkan ingin mempora-porandakan Indonesia demi  kepentingan bisnis dan politik. Maka mahasiswa sebagai pemuda-pemudi bisa berpijak dari sejarah yang telah membuat Indonesia eksis dimuka bumi. Sehingga diharapkan semangat para mahasiswa untuk mengadakan upacara pada peringatan hari besar Indonesia harus tetap digelorakan agar sejarah bangsa Indonesia tidak hilang ditengah jalan,” ungkapnya.

Rektor UMY bertindak sebagai Inspektur Upacara (28/10). (Foto: NUANSA/Ayu C)
Menurut Edi Lustiawan, Komandan MENWA, upacara Hari Sumpah Pemuda ini dilatarbelakangi oleh keinginan supaya mahasiswa sebagai pemuda pemudi bangsa indonesia lebih memaknai apa arti sebenarnya dari sumpah pemuda. “Memang kegiatan upacara hari sumpah pemuda ini sendiri baru pertama kali dilakukan di mana tahun-tahun sebelumnya belum pernah diselenggarakan. Keinginannya kita sebagai pemuda-pemudi ingin agar lebih memaknai apa arti dari sumpah pemuda, dan juga kita sebagai mahasiswa agar lebih cinta kepada tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu di kampus bagian Selatan, tiga BEM Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), juga menggelar peringatan Sumpah Pemuda dalam bentuk panggung terbuka. Mengangkat tema ‘Reaktualisasi Nilai-Nilai Kepemudaan dalam Era Milenial,’ peringatan tersebut menampilkan pembacaan bersama teks Sumpah Pemuda oleh Gubernur BEM FISIPOL, FH dan FEB, serta pertunjukkan dari para mahasiswa di Fakultas Selatan seperti orasi, puisi, sajak dan lain-lain.

Wakil Dekan FISIPOL, Husni Amriyanto P, dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara bertajuk ‘Sinergi Selatan’ tersebut. “Pemuda sangat berperan penting, meskipun pemuda kadang tidak mendapat bagian. Ini menujukan pemuda memiliki idealisme luar biasa demi kebaikan bersama,” ucapnya.

Tidak Sekedar Gerakan Moral

Menanggapi berlangsungnya kegiatan peringatan Sumpah Pemuda, Eren, mahasiswa Manajemen dan perwakilan dari Sopink dalam rangkaian ‘Sinergi Selatan,’ mengungkapkan perlunya mahasiswa untuk membawa semangat tersebut dari gerakan moral ke politik. “Pemuda sudah tahu diluar kepala dalam sejarah betapa hebatnya pemuda, tapi pada hari ini Sinergi Selatan mampu tidak untuk membentuk  suatu himpunan mahasiswa yang bicara soal politik, tentang kepentingan kelas mahasiswa dan urgensi mahasiswa di tatanan masyarakat,” ungkapnya.

Aksi IMM Cabang A.R. Fachruddin di salah satu taman batu fakultas (28/10). (Foto: NUANSA/Dhini)

Hal yang berbeda juga dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah cabang A.R. Fachruddin, dengan melakukan aksi mengelilingi kampus. “Tujuan diadakannya aksi ini karena sebagai bentuk penyadaran kepada seluruh mahasiswa UMY, khususnya agar lebih mengetahui esensi gerakan-gerakan sosial pemuda itu apa saja. Banyaknya pemuda yang cenderung apatis dan teknologi yang sudah mempengaruhi gerakan-gerakan sosial pemuda menjadi keresahan kami semua,” papar Pramudia Ananta, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi tersebut.

Adanya pelaksanaan kegiatan mahasiswa yang dilakukan hampir bersamaan, Farah Asmajasmine, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) BEM-KM UMY, mengakui koordinasi antar lembaga telah terjalin dengan baik. “Ketika lembaga-lembaga yang ada di kampus akan mengadakan acara, kami BEM KM membebaskan akan diadakan acara seperti apa, bahkan kami juga tidak menolak apabila diajak untuk bekerja sama, seperti saat upacara tadi pagi kami juga membantu Menwa untuk mobilisasi seluruh peserta,” ungkapnya. (cdl, sih, aice, lym, alf, aca)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Sumpahku
    Terlentang! Jatuh! Perih! Kesal!
    Ibu Pertiwi
    Engkau pegangan
    Dalam perjalanan
    Janji Pusaka dan Sakti
    Tanah Tumpah darahku makmur dan suci

    BalasHapus