UMY Mengajak Mahasiswa Baru untuk Mengimplementasikan Al-Qur’an dalam Kehidupan

Bachtiar Nasir, Majelis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah, memberikan tausyiah kepada mahasiswa baru di Sportorium UMY (23/9). (Foto: NUANSA)

Nuansa Online - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Jum’at (22/10) melaksanakan Pembukaan Program Keislaman bagi mahasiswa baru UMY 2017. Pembukaan program kali ini mengusung tema ‘Implementasi Pengajaran Al-Qur’an bagi Muda-Mudi Masa Kini’ dan bertempat di Sportorium UMY, Kasihan, Bantul.

Program keislaman di UMY merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti bagi seluruh mahasiswa. Kegiatan tersebut meliputi Kuliah Intensif Al-Islam (KIAI) dan bimbingan baca Al-Qur’an.

Dalam sambutan sekaligus peresmian program keislaman ini, Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, mengajak mahasiswa lebih dekat dan mengimplementasikan pelajaran yang terdapat di Al-Qur’an. Kelancaran dalam membaca Al-Qur’an bagi mahasiswa UMY sendiri merupakan salah satu syarat kelulusan.

Pembukaan program keislaman pada tahun ini mengundang Bachtiar Nasir, dari Majelis Tarjih & Tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah, untuk memberikan tausyiah kepada para mahasiswa baru. Dalam tausiahnya Bachtiar memberikan motivasi kepada semuanya untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an dengan cara membaca, menghafal, dan mengerti makna dari bacaan Al-Qur’an.

Bachtiar Nasir juga menyampaikan pentingnya memahami isi kandungan dan makna dari ayat Al-Qur’an. Menurut penelitian yang telah dilakukannya Bachtiar mengungkapkan bahwa di setiap komunitas yang membaca Al-Qur’an, hanya 2% saja yang membaca beserta terjemahannya.


Ditemui NUANSA seusai acara, Rektor UMY,
Gunawan Budiyanto, mengatakan harapannya kepada mahasiswa baru dengan adanya program keIslaman ini dapat menjadi generasi yang akan datang dengan penampilan yang lebih agamis. “UMY ingin mahasiswanya menjadi sebuah generasi dengan penampilan yang lebih agamis, Qurani, dan dapat mengambil peran di masyarakat,” ungkapnya (mdm, sn).
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar