Tere Liye Ingatkan Mahasiswa UMY untuk Terus Berkarya



 
Foto: Tere Liye sedang menyampaikan materinya pada Talkshow Kepemudaan UMY Fair di Sportorium UMY (13/9) (Foto: NUANSA/Imam)
Nuansa Online - Talkshow Kepemudaan kembali digelar sebagai salah satu agenda utama dalam UMY Fair 2017. Penulis novel populer, Tere Liye, menjadi salah satu pembicara pada Rabu malam (13/8) di Sportorium UMY, Kasihan, Bantul.

Mengangkat tema ‘It’s Time to Raise Our Future’, Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Sugito, sebagai salah seorang pembicara pada malam kemarin, menuturkan bahwa mahasiswa dituntut untuk selalu mengembangkan diri karena masa depan yang dinamis. “Dalam konteks pendidikan tinggi, kalian (red:mahasiswa) itu sebagai civitas akademika yang dituntut untuk selalu mengembangkan diri karena masa depan yang dinamis. Kemampuan tidak cukup hanya didapatkan di bangku kuliah. IPK tinggi tidak menjamin kalian masuk dalam dunia kerja.” tutur Sugito.

Sejalan dengan itu, Tere Liye juga menekankan pemuda harus memiliki cita-cita untuk dapat membuat karya sehingga dapat dinikmati oleh orang banyak. Tere juga menuturkan, masa depan itu adalah untuk orang-orang kreatif. Ciri-ciri orang kreatif menurut Tere Liye yaitu bukan pemalas, tahan banting, pelopor, bukan follower, dan kongkrit.

Penulis yang dikenal melalui novel-novel-nya ini mengaku tidak ada tips khusus untuk menjadi spesial, namun cukup lakukan yang paling terbaik. Ia juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa pada akhir materinya untuk selalu berpikir bahwa diri sendiri spesial, taklukan kemalasan yang dimiliki, selalu menganggap bahwa diri sendiri adalah kompetitor terbesar, tekun dan menjadikan ketekunan sebagai kunci segalanya.

Bagi Tere, masa muda merupakan waktu terbaik untuk mencapai keberhasilan. “Waktu yang terbaik menanam pohon kalian adalah 20 tahun yang lalu, dan waktu yang terbaik untuk menanam pohon kedua adalah hari ini,” ungkapnya mengutip sebuah pepatah dari Tiongkok. (aca, sih, lis)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar