Simfoni Negeri Berkemajuan: Dari UMY untuk Indonesia

Dwiki Dharmawan memimpin orkestra dalam konser 'Simfoni Negeri Berkemajuan' di Sportorium UMY, Kasihan, Bantul (21/9). (Foto: NUANSA/Dimas)

Nuansa Online - Bertepatan dengan tahun baru Islam 1439 Hijriyah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) mengadakan konser Simfoni Negeri Berkemajuan. Dengan nuansa religius, UMY menggandeng musikus jazz nasional, Dwiki Darmawan, yang sekaligus didaulat menjadi kondukter. Acara tersebut juga menghadirkan penyanyi Fatin Shidqia Lubis, Ita Purnamasari, dan Rafli Kande.

Konser yang diadakan Kamis, 21 September 2017 di Sportorium ini berkonsep mewah, namun tetap menjujung tinggi nilai-nilai Islami. Terbukti dengan beberapa lagu yang dibawakan seperti Proud of You Muslim dari Fatin Shidqia, maupun lantunan dzikir yang dinyanyikan oleh Rafli Kande.

Seperti diungkapkan oleh Ketua Panitia, Sri Atmaja P. Rosyidi, acara ini diselenggarakan untuk menggugah anak muda supaya lebih mencintai budaya negeri. “Tema ini berkaitan dengan bagaimana kita menggugah kepada masyarakat, tidak hanya anak muda, untuk lebih mencintai budaya kita dan kita juga menekankan bahwa dakwah dan syiar Islam ini bisa dilakukan dengan budaya baru,” ungkap pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Rektor III UMY bidang Kemahasiswaan ini.

Menurut Sri Atmaja, yang menarik adalah, acara ini merangkai musik religi, menyampaikan pesan mengenai kemanusiaan moral dengan ditampilkannya gambaran Tsunami Aceh 2004. “Musik bisa kita gunakan sebagai media dakwah atau syiar,” imbuhnya.

Dwiki Dharmawan mengungkapkan perasaannya saat menjadi bagian dalam acara besar UMY ini, “Saya senang bisa bergabung di acara ini. Acara ini merupakan acara besar, suatu kecerdasan kebudayaan yang dilakukan oleh kampus UMY untuk Indonesia yang berkemajuan. Dakwah dengan melalui seni budaya terutama musik, Insha Allah sangatlah ampuh dan semoga menjadi awal yang akan diteruskan dan UMY menjadi pionir dalam dakwah melalui musik apalagi melalui simfoni,” ungkapnya.

Tidak hanya Dwiki Darmawan, Ita Purnamasari mengaku senang terlibat dalam Simfoni Negeri Berkemajuan ini dan berharap agar kelak acara seperti ini terus diadakan. “Saya senang banget bisa terlibat di acara Simfoni Negeri Berkemajuan yang luar biasa ini. Harapannya kedepannya harus terus diadakan,” ujarnya dengan perasaan gembira.

Dihadirkan pula Fatin Shidqia Lubis, penyanyi nasional berhijab yang turut memeriahkan acara ini. "Seneng banget dan bersyukur bisa ada di acara ini bersama orang-orang yang ahli di bidangnya. Aku juga bertemu dengan crowd yang hebat dan menyenangkan dari awal sampai akhir. Acara sangat di-handle dengan baik. Semua bekerja dengan baik. Aku seneng jadi part of acara yang emang berusaha semaksimal mungkin,” ungkap penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto bahkan turut ikut bernyanyi membawakan tembang ‘Juwita Malam’ berduet dengan orkestra yang dipimpin oleh Dwiki Darmawan.

Simfoni Negeri Berkemajuan dihadiri sekitar 1000 lebih penonton, mulai dari masyarakat umum, mahasiswa aktif UMY, tamu undangan, dan alumni. Konser ditutup dengan menampilkan lagu Mars Muhammadiyah yang diaransemen oleh Dwiki Darmawan. (mdg, ann)     
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar