Rencana Pembenahan Gedung Student Center, UMY Inginkan Pusat Pengembangan dan Kegiatan Mahasiswa yang Kondusif

Gedung Student Centre UMY tampak dari luar. (Foto: NUANSA/Adel)

Nuansa Online – Rencana pembenahan gedung Student Center (SC) Universitas  Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah dikemukakan oleh Hilman Latief selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK pada Upacara Bendera 17 Agustus 2017 lalu dalam amanatnya sebagai inspektur upacara. Hilman mengungkapkan akan diadakan pembenahan yang dimulai dengan kegiatan kerja bakti bersama seluruh UKM di UMY untuk membersihkan gedung SC.

Ditemui oleh Reporter Nuansa diruangannya pada Selasa (29/08) lalu, Hilman mengkonfirmasi rencana pembenahan gedung SC serta kerja bakti bersama UKM-UKM di UMY. “Kita ingin, SC itu kan bukan hanya menjadi pusat kumpul-kumpul tapi juga tempat dimana kreatifitas dibangun dari situ. Untuk bisa produktif dengan kreatifitas yang baik tentu butuh nuansa yang kondusif dari situasi ruangan, kemudian fasislitas, dan tata letak,” paparnya.

Hilman kemudian melanjutkan bahwa ada konsekuensi dari rencana tersebut yaitu banyak hal perlu dibenahi sehingga tahap pertama yang dilakukan adalah pembersihan melalui kerjasama dengan mahasiswa anggota seluruh UKM di UMY. “Tahap satu itu pembersihan, saya akan mengadakan kerja bareng, kerja bersama, September ini kita cari harinya, mungkin Sabtu, saya ingin kumpulkan dulu, mungkin olahraga dulu megelilingi kampus, briefing, bersama-sama membuat komitmen kemudian melakukan pembenahan, jadi satu visi dululah,” jelasnya.

Dalam pemaparannya soal rencana pembenahan SC ini, Hilman juga menyebutkan keinginannya membentuk SC sebagai tempat ekspos prestasi dari UKM-UKM UMY dengan menyediakan lemari display untuk medali dan piala milik seluruh UKM UMY. Hilman juga ingin adanya website khusus tentang SC, “Saya akan membuat website khusus tentang SC, SC itu isinya apa, ada aktivitas apa aja,” ungkapnya.

Rofiq selaku Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM-KM) UMY periode 2017-2018 saat ditemui Nuansa pada Kamis (31/08), mengungkapkan bahwa DPM sepakat terkait pembenahan gedung SC ini. “DPM sendiri sepakat dengan pembenahan SC ini, yang kita amati UMY sudah besar, akreditasi UMY sudah bagus,  setiap orang yang masuk UMY bisa dibilang kagum, apalagi prestasi-prestasi lembaga mahasiswa dan UKM-UKM, jangan sampai kekaguman itu sirna disaat mahasiswa lain atau lembaga lain masuk ke SC, dimana SC itu pusatnya pengembangan-pengembangan mahasiswa, sehingga pembenahan itu perlu,” jelasnya.

Menanggapi rencana kerja bakti bersama membersihkan gedung SC, Rofiq mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut penting untuk membangun sinergi antar anggota UKM UMY. “Kalau kita lihat ada 30 UKM di UMY dan lembaga lain, mengadakan kerja bakti itu biar sinergis antara satu lembaga dengan lembaga lain, karena SC adalah seperti rumah sendiri, kita bangun untuk memperbaiki rumah ini, sehingga rasa memiliki untuk rumah sendiri ini semakin kuat, jangan sampai saat ini semua dibenahi, diperbagus, namun rasa memiliki terhadap rumah sendiri itu masih kurang,” lanjutnya.


(LIS, RAN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar