Peserta Nobar G30S/PKI Melebihi Ekspektasi

Suasana nobar layar tancap film G30S/PKI di Lantai Dasar Masjid Kampus KH. Ahmad Dahlan UMY. Foto: NUANSA/Raul.

Nuansa Online – Nonton Bareng (Nobar) film G30S/PKI digelar di Lantai Dasar Masjid KH. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Jumat malam (29/9). Edi Lustiawan selaku Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) menuturkan bahwa acara Nobar kali ini diadakan oleh Menwa yang bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa UMY (BEM KM UMY), Dewan Perwakilan Mahasiswa UMY (DPM UMY), dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0729 Bantul.

Edi juga menuturkan bahwa jumlah penonton nobar kali ini cukup banyak dan diluar dari ekspektasi. “Kita milih Hari Jumat karena ga mengurangi makna dari peringatan G30S/PKI dan penontonnya kita ga nyangka akan sebanyak ini,” imbuh Edi.

Nurhadi Siswanto, Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) 03 Kasihan, menyatakan bahwa tujuan acara Nobar G30S/PKI ini adalah untuk mengingatkan kepada generasi muda akan sejarah kelam Indonesia. “Acara ini memberi gambaran kepada calon pemimpin-pemimpin bangsa yang lahir dari generasi muda bahwa di Indonesia ini ada sejarah kelam bernama G30S/PKI,” jelas Nurhadi.

Febi Fauzan Azmi selaku Presiden Mahasiswa menyatakan tujuan acara ini agar mahasiswa ingat terhadap sejarah Bangsa Indonesia. “Diadakan untuk semua mahasiswa hanya untuk nobar. Untuk memperkenalkan sejarah kepada mahasiswa juga sebagai referensi mahasiswa dalam bersejarah,” jelas Febi.


Abi Al Furqan, salah satu penonton mengungkapkan perlunya diadakan acara ini dari tahun ke tahun. “Semoga acara ini bisa berlanjut tahun ke tahun. Kita juga mendapatkan pendidikan tentang sejarah masa lalu Bangsa Indonesia,” pungkasnya. (ans,cdl)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar