Gedung Baru di Belakang Unires Putri, Amal Usaha yang Tidak Sepenuhnya Didanai UMY

Pembangunan gedung baru belakang University Residence (Unires) Putri, tampak terlihat dari belakang. (foto: Nuansa/awan)

Nuansa Online-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sedang melaksanakan beberapa pembangunan infrasrtruktur di lingkungan kampus terpadu. Salah satu pembangunan yang dilakukan yaitu sebuah gedung baru di belakang University Residence (Unires) Putri.

Ditemui pada hari Jumat (9/10) di Unires Putri, Fajar Rachmadhani selaku dosen Fakultas Agama Islam (FAI) memaparkan bahwa pembangunan gedung tersebut diperuntukkan sebagai markas Ma’had Ali Bin Abi Thalib, lembaga pendidikan Bahasa Arab dan studi Islam di UMY. Ma’had Ali Bin Abi Thalib merupakan lembaga pendidikan non-profit yang bekerjasama dengan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) atau yang dikenal juga dengan sebutan Yayasan Muslim Asia.

“Urgensi membangun gedung ini karena melihat jumlah mahasiswa atau pendaftar di Ma’had semakin meningkat,” ujar Fajar, yang sekaligus merupakan Direktur Ma’had Ali Bin Abi Thalib. Sebelumnya, Fajar menceritakan bahwa wacana pembangunan gedung sudah lama diutarakan dengan pertimbangan bahwa Ma’had Ali Bin Abi Thalib telah berpindah lokasi sebanyak hampir empat kali. Dimulai dari berlokasi di FAI UMY pada ruangan F6, lalu berpindah ke daerah Sonopakis yang sekarang menjadi Perkumpulan Urusan Kematian Jogjakarta (PUKJ), kemudian Lantai 1 Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY, hingga terakhir menempati local class di Unires Putri.

Berkaitan dengan biaya pembangunan gedung, hal tersebut merupakan hasil kerjasama antara AMCF dengan UMY. Rencana pembangunan memakan waktu cukup lama karena berlangsungnya negosiasi harga. Fajar mengutarakan bahwa budget yang ditawarkan oleh donatur, menurut perspektif UMY, sangat sedikit. Pembangunan yang semula direncanakan yaitu dua gedung, terdiri dari tiga lantai untuk Bahasa Arab dan tiga lantai untuk tahfizh, pada akhirnya disepakati bahwa dua gedung tersebut dijadikan satu dikarenakan efisiensi lahan dan minimnya anggaran dari donatur.

Pintu utama gedung baru terliha dari depan gedung. (foto :Nuansa/awan)

Dana yang dihibahkan oleh donatur asal Dubai tersebut bernilai sekitar tiga milyar rupiah lebih. Selain kerjasama dalam bentuk penyediaan lahan, UMY juga membantu dana senilai satu milyar rupiah lebih. “Kenapa demikian? UMY berpikir bahwa ke depan itu juga merupakan gedung UMY, karena itulah dibuat bagus sekalian. Yang paling penting bahwa gedung-gedung Ma’had di Perguruan Tinggi lain itu apa adanya, sedangkan UMY tidak mau gedung tersebut berbeda dengan gedung UMY yang lain. UMY memiliki standar dalam membangun gedung,” tambah Fajar.
           
Partisipasi UMY dalam penyediaan lahan dan pendanaan dilakukan karena melihat jangka waktu ke depan. Fajar menjelaskan, walaupun dana berasal dari donatur, secara tidak langsung, seluruh infrastruktur tersebut merupakan amal usaha milik Muhammadiyah. Donatur yang dimaksud oleh Fajar yaitu sebuah cooperation keluarga yang tergabung dalam AMCF. “Kalau tidak salah, namanya Al Khoory atau Al Khoory Cooperation,” ujarnya.

Ma’had Ali Bin Abi Thalib dibuka pertama kali di UMY pada tahun 2004-2005. Bermula dari berdirinya Ma’had Abu Bakar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), UMY kemudian tertarik lalu menawarkan diri dalam bentuk kerjasama untuk pengadaan lembaga tersebut. Memorandum of Understanding (MoU) untuk Ma’had Ali Bin Abi Thalib telah ditandatangani pada akhir masa jabatan Rektor Bambang Cipto berupa kesepakatan antara AMCF dan UMY tahun 2016. Peletakkan batu pertama dilakukan pada sekitar bulan Juni atau Juli 2016 dengan pembangunan yang memakan waktu lebih dari satu tahun.


Kini, gedung baru tersebut sudah selesai dibangun dan dapat digunakan mulai tanggal 20 September 2017. Walaupun telah memiliki gedung baru, Ma’had Ali Bin Abi Thalib berencana masih menggunakan tiga local class di Unires Putri. Hal ini dikarenakan daya tampung gedung baru terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah pelajar Ma’had yang hampir menembus 500 orang. (ann)

Gedung baru belakang University Residnce (Unires) Putri  tampak dari samping gedung. (foto :Nuansa/awan)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar