Reakreditasi Institusi, UMY Ingin Benahi Student Center

Sumber gambar: http://blog.umy.ac.id

Nuansa Online – UMY saat ini sedang mengajukan proses reakreditasi institusi, sebagai syarat mendapatkan nilai A” ungkap Hilman Latief, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, dalam sambutannya sebagai inspektur upacara bendera memperingati HUT RI ke-72 di halaman depan Gedung AR. Fachruddin pada Kamis (17/8).

Hilman menjelaskan bahwa UMY telah meng-upload berkas-berkas yang dibutuhkan ke Menristekdikti dan akan dilaksanakan visitasi pada Oktober mendatang. Visitasi tersebut penting sebagai tinjauan apakah UMY masih layak menyandang akreditasi A. “Kemarin UMY sudah meng-upload ke Menristekdikti dan InsyaAllah pada bulan Oktober akan dilaksanakan visitasi, apakah kampus kita masih layak mendapatkan akreditasi A,” jelasnya.
Visitasi tersebut akan meninjau berbagai tempat seperti ruang-ruang kelas, ruang-ruang seminar, materi-materi yang diajarkan, serta tempat-tempat aktivitas mahasiswa khususnya gedung Student Center. Hilman mengungkapkan bahwa di gedung Student Center ada banyak hal yang perlu dibenahi. Seperti medali-medali milik setiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), tempat-tempat nongkrong, dan fasilitas lainnya. “Student Center itu juga salah satu tempat yang akan dikunjungi. Minggu lalu saya ke Student Center, saya rasa banyak hal yang harus dibenahi, fasilitas, infrastruktur, dan penataannya,” ungkapnya.

Ia juga menceritakan apa yang dilihatnya saat mengunjungi gedung Student Center, “Saya lihat beberapa ruangan ada yang rapi, dan lebih banyak lagi adalah gaya mahasiswa. Ada yang punya lemari ada yang tidak, ada yang punya bangku tempat nongkrong ada yang tidak, nanti saya atur, saya sudah minta LPKA untuk menghitung berapa meja yang dibutuhkan untuk nogkrong, berapa biaya yang dibutuhkan untuk poster setiap tokoh-tokoh idola setiap UKM itu, saya yakin setiap UKM punya idola, nanti saya minta setiap UKM buat dua poster tokoh idolanya beserta pernyataan-pernyataan dari tokoh itu,” ungkapnya.

Hilman menginginkan prestasi-prestasi mahasiswa yang diperoleh bisa dipajang, bukan hanya untuk UKM masing-masing. “Medali-medali nanti disatukan, jadi setiap orang yang masuk bisa lihat, bukan hanya untuk UKMnya sendiri, kita akan sediakan tempat,” ungkapnya lebih lanjut.

Selanjutnya ia mengajak seluruh mahasiswa dan civitas academica UMY untuk saling bahu-membahu membenahi kampus UMY. Ia juga mengingatkan, akan ada kerja bakti dalam hal membenahi gedung Student Center sekitar akhir Agustus atau awal September. “InsyaAllah akhir Agustus atau awal bulan September kita akan mengadakan kerja bakti”.

Menanggapi hal yang diungkapkan Hilman tersebut, Presiden Mahasiswa UMY, Febi Fauzan Azmi, mengungkapkan perlunya pembenahan di Student Center yang mana merupakan pusat kegiatan mahasiswa. “Karena melihat memang bentuknya Student Center itu adalah pusat mahasiswa, pusat seluruh kegiatan mahasiswa. Bagaimana ketika tamu dari luar mengunjungi pusat kegiatan mahasiswa itu enak dipandang enak dilihat dan prestasinya ada. Langsung dari Pak Hilman menginginkan pusat mahasiswa itu letaknya semua prestasi dan ketika ada tamu, memang inilah ternyata pencapaian pusat kegiatan mahasiswa. Student Center kita coba jadikan sebagai ajang propaganda, ajang bargaining untuk UMY bahwa kegiatan mahasiswa, UKM-UKM itu bagus sekali, dari tata letak dan banyak prestasinya seperti itu,” jelasnya.


(RAN/ENR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar