Mengenal Lebih Dekat dengan Muhammadiyah Melalui OSDI 2017


Nuansa Online-Dalam rangka penyambutan mahasiswa baru 2017, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menyelenggarakan Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (24/8) bagi mahasiswa putra dan Jumat (25/8) bagi mahasiswa putri. Pada tahun ini, kegiatan OSDI mengangkat tema “Islammu Mendunia”.

Ketua Panitia, Syaiful Anwar mengungkapkan bahwa tujuan diambilnya tema ini supaya mahasiswa baru dapat lebih mengenal Muhammadiyah. “Dengan diambilnya tema ini, yaitu supaya mahasiswa baru dapat lebih mengenal apa itu Muhammaddiyah dan bagaimana bersinergi di dalamnya,” terang Syaiful.

Pelaksanaan OSDI tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekitar 3200 mahasiswa baru putra diarahkan menuju faklutas masing-masing untuk mendapatkan materi tentang “Islam Sebagai Pilihan Hidup” dan “Kepribadian Muslim: Menjadi Muslim Unggul dan Islam”.  “Materi yang disampaikan oleh pemateri supaya lebih khusus disesuaikan dengan fakultas masing-masing dan lebih maksimal,” jelas Syaiful ketika ditanyai alasan terkait pembedaan lokasi penyampaian materi.

Selain itu, dalam kegiatan OSDI ini, hadir pula sebagai pembicara, ialah Gita Danupranata, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY). Gita menyampaikan materi bertajuk Muhammadiyah dan Semangat Hidup Berkemajuan.

Di sisi lain, Aldi Fahmi Maulana, mahasiswa baru Ilmu Hubungan Internasional, mengungkapkan, bahwa dengan adanya pelaksanaan OSDI ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang Muhammadiyah bagi dirinya yang tidak memiliki latar belakang Muhammadiyah. “Awalnya saya pikir kalau Muhammadiyah itu semacam ‘aliran’, namun setelah dijelaskan tadi, ternyata Muhammadiyah merupakan suatu organisasi Islam,” ungkap Aldi.

 (ADT, AONE, ALF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar