Mataf FAI 2017: Tekankan Pembentukan Fai Berkarakter

Dekan FAI UMY, Akif Khilmiyah, tengah memperkenalkan satu per satu jajaran dosen dan staff FAI UMY kepada Maba FAI. (foto: Adit)

Nuansa Online-Mahasiswa baru Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FAI UMY) melaksanakan Masa Ta’aruf (Mataf) di lantai dasar Gedung Unires Putra, UMY, Kasihan, Bantul (22/8). Mataf FAI tahun ini bertema ‘Tancapkan niat, jalin ukhuwah, demi terwujudnya mahasiswa islam yang religius, intelek, humanis menuju FAI yang berkarakter.’

Jundi Assidiq, ketua panitia Mataf FAI dalam sambutannya mengungkapkan tujuan kegiatan ini untuk membentuk karakter, sikap, dan sifat Mahasiswa Baru (Maba) FAI dalam dinamika UMY. “Karakter FAI yaitu mampu berdaya guna untuk sekitar, mampu mewarnai dinamika UMY, dan bangga kami adalah FAI,” terus Jundi.

Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FAI UMY, Hamzah Aulannas, dalam sambutannya turut menyampaikan harapannya kepada Maba FAI UMY untuk menjadi agen penggugah, perubahan, dan social control di tengah masyarakat. “Ketika hari ini kalian mengaku sebagai mahasiswa yang katanya intelektual maka mulai hari ini kita meng-azzam-kan diri menjadi agent of change,” ujar Hamzah.

Tahun ini, FAI UMY menerima 601 Maba. “Kalian adalah 1:14 dari sekitar 2786 calon mahasiswa yang mendaftar di FAI,” ungkap  Dekan FAI UMY Akif Khilmiyah dalam sambutannya.

601 Maba FAI UMY tersebar ke 3 jurusan, terdiri dari 216 Maba jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), 192 Maba jurusan Ekonomi Perbankan Islam (EPI), dan 193 Maba jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Khusus jurusan KPI, terdapat 23 orang Maba yang masuk dalam program internasional berbahasa Arab.


Di akhir sambutannya, Dekan FAI mengungkapkan 5 karakter yang diharapkan dimiliki oleh Maba FAI antara lain Religius, Cerdas, Mandiri, Solidaritas, dan menjadi kader ummat yang bertugas untuk mencerahkan. “Begitu masuk FAI, bukan pilihan yang salah karena bisa hasanah fid-dunya wal-akhirat,” tutur Akif. 

(KIKI, MADA)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar