Masa Ta’aruf Fakultas Pertanian UMY 2017 : “Berani Beraksi, Wujudkan Pertanian Madani”

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto sedang memberikan materi pada Selasa(22/8). (foto: Caca)

Nuansa Online-Sebanyak 361 mahasiswa Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis mengikuti Masa Ta’aruf Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Mataf FP UMY) pada Selasa (22/8). Mataf tersebut merupakan rangkaian dari Mataf Universitas yang telah dilaksanakan pada Senin, 21 Agustus 2017. Tema yang diusung pada Mataf kali ini yaitu “Berani Beraksi, Wujudkan Pertanian Madani” bertempat di Ruang Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) 2. Diharapkan mahasiswa baru FP UMY menjadi mahasiswa yang mandiri, agamis, dan intelektual selaras dengan tema yang diusung pada Mataf kali ini.

Menurut Muhammad Bachtiar Majid selaku Ketua Mataf FP UMY 2017, UMY sebagai kampus yang memiliki semboyan “Muda Mendunia” seharusnya tidak hanya unggul secara intelektual, tapi sebagai generasi lulusan Fakultas Pertanian juga unggul secara agamis. Sehingga, dalam menjalankan kedua sifat ini, lulusan pertanian mampu melakukan perannya secara berimbang baik dalam intelektual, kemandirian, dan agama. “Selain itu, kami juga bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam penyerahan sejumlah bibit tanaman obat serta mengaktifkan kembali semangat berorganisasi mahasiswa baru yang pada tahun sebelumnya menurun,” tambahnya.

Mataf kali ini juga diisi oleh Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budianto, M.P yang membawakan diskusi bertemakan “Mewujudkan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan”. Menurutnya, Indonesia yang merupakan negara agraris, masih melakukan impor besar-besaran dari pihak luar. Kurangnya kepedulian pemerintah seharusnya menjadi perhatian untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan bagi negara. Tanpa produksi sendiri, Indonesia akan menjadi bangsa yang lemah. “Saat kita kehilangan sumber pangan yang ada di Indonesia, baru kita menyadari betapa pentingnya kedaulatan pangan bagi Indonesia,” ujarnya.


(ANN, RA)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar