Hanum Salsabiela Rais: Menulis yang Menginspirasi dan dari Hati

Sesi foto bersama penanya dalam talk show di Mataf FEB. (foto: Amel)

Nuansa Online-Masa Ta’aruf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Mataf FEB UMY) menghadirkan Penulis Buku 99 Cahaya di Langit Eropa dan Perintis Adi TV, Hanum Salsabiela Rais pada Selasa (22/8) di Gedung Sportorium UMY.

Pada kesempatan kali ini, Hanum menjadi pemateri talk show dengan tema “Intelektual, Creative dan Implementasi Karya (Sociopreneur)”.  Hanum menceritakan bagaimana perjalanan hidupnya menjadi seorang penulis yang sebelumnya beliau adalah seorang reporter. “Saya disuruh menulis oleh suami tentang perjalanan hidup kami di Eropa. Namun pada awalnya saya tidak yakin karena sebelumnya saya seorang reporter, tetapi suami saya meyakinkan saya sehingga kami bisa membuat Buku 99 Cahaya di Langit Eropa,” ujar Hanum.

Hanum juga memberikan tips menulis bagi Mahasiswa FEB agar dapat membuat tulisan yang menginspirasi. “Niat saya menulis yaitu menulis untuk menginspirasi dan saya menulis dari hati,” ujar Hanum.

Hanum yang sempat kuliah di Kedokteran Gigi UGM hingga memilih profesi menjadi seorang penulis. Ia mengajak kepada Mahasiswa FEB agar berimbang dalam berkarir antar dunia dan akhirat. “Dalam berkarir itu harus seimbang tidak hanya memikirkan dunia tetapi melupakan akhirat, atau hanya sholat terus tetapi tidak berkarya, tidak bekerja, tidak berintelektualitas dan berakhlak mulia,” jelas Hanum.

Selain sebagai penulis, Hanum juga merintis sebuah perusahaan media yang bernama Adi TV. Bersama sang suami, Hanum telah mengembangkan Adi TV menjadi lebih baik. “Alhamdulilah sekarang ini Adi TV menjadi televisi yang berkembang sangat pesat dan juga diapresiasi oleh KPI atas tayangan-tayangannya ,” kata Hanum. Hanum juga menjelaskan bahwa pada zaman sekarang adalah era informasi yang sangat banyak informasi beredar. “Dunia kita ini sudah mengalami obesitas informasi. Dimana obesitas itu lemaknya, gulanya, asam uratnya itu udah terlalu penuh sehingga perlu dibersihkan. Seperti informasi didunia itu perlu dibersihkan, itulah yang menggerakan saya sepulang dari Austria, semoga saya bisa menggerakan atau membawa informasi-informasi yang bagus dan Alhamdulillah sekarang ada Adi TV”.


Hanum juga menawarkan kepada Mahasiswa FEB untuk bisa bergabung dengan Adi TV. “Adi tv membuka peluang seluas luasnya untuk perempuan yang berhijab dan Saya tawarkan kepada teman-teman siapapun yang ingin magang ataupun bekerja di Adi TV selalu ada kesempatan,” tutup Hanum.

(ANS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar