Gelar Upacara Bendera Memperingati HUT RI Ke-72, Presma UMY: Simpel tapi Tidak Asal-asalan

Proses pengibaran bendera merah putih. (foto: Ayu)

Nuansa OnlineMemperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan upacara bendera di halaman depan gedung Ar. Fachruddin pada Kamis (17/08). Upacara dimulai  pada pukul 09.10 WIB yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Hilman Latief, selaku inspektur upacara serta segenap pengurus lembaga mahasiswa UMY.

Latar belakang diadakanya upacara bendera ini karena sebelumnya UMY belum pernah melaksanakan upacara bendera dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ditemui Nuansa seusai mengikuti upacara, Febi Fauzan Azmi selaku Presiden Mahasiswa menjelaskan bahwa ini pertama kalianya UMY mengadakan upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. “Selama 7 semester saya di UMY, teryata UMY belum pernah melakukan upacara memperingati 17 Agustus hari kemerdekaan Indonesia, maka saya berinisatif bersama UKM bekerja kooperatif, mencoba kali ini kita mencetak sebuah sejarah dan UMY dapat memperingati upacara 17 Agustus, disamping itu juga bentuk dari penghormatan kita kepada pahlawan yang telah memerdekakan negara ini,” jelas Febi.

Konsep pelaksanaan upacara ini pun sederhana, para peserta menggunakan baju korsa dari UKM masing-masing atau memakai almamater UMY dengan pakaian yang rapi dan sopan. Kemudian peserta upacara dikoordinasi oleh angota Menwa (Resimen Mahasiswa) untuk mengatur barisan dalam pelaksanaan upacara bendera tersebut. Pasukan upacara dilakukan oleh perwakilan dari UKM Pramuka sebagai Komandan Upacara dan Pasukan Pengibar Bendera.

Febi menjelaskan bahwa konsep ini dibentuk bersama panitia yang terdiri dari UKM dan lembaga-lembaga yang ada di UMY. “Konsep yang kita lakukan itu simple tatapi tidak asal-asalan, yang kita lakukan adalah koordinasi kami dengan panitia, bekerjasama koorperatif dengan UKM dan mungkin menjadi langkah awal saya dalam satu periode ini”. Febi juga menambahkan bahwa memang ada kesulitan tetapi dapat diselesaikan secara kolektif. “Kesulitan pun memang ada, tetapi hari demi hari bisa kita selesaikan secara kolektif, namanya juga kerja kolektif alhamdulillah seperti inilah hasilnya walaupun perdana ini sangat memuaskan bagi saya”.

Sebagai Presiden Mahasiswa Febi berharap bahwa pelaksanaan upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dapat dilaksanakan setiap tahun. “Saya berharap tentu akan terus didakannya upacara di UMY siapapun yang menggantikan saya sebagai Presiden Mahasiswa KM UMY harus bisa membuat upacara atau melakukan upacara 17 Agustus, apalagi UMY ini adalah amal usahaanya Muhammadiyah diprakasai oleh persyarikatan Muhammadiyah, Muhammadiyah itu tidak lepas kaitanya dari sejarah yang telah memerdekakan bangsa ini pula, oleh karena itu sebagai mahasiswa UMY harus tetap melaksanakan upacara memperingati 17 Agustus ini,” jelas Febi.

(RAN/RYS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar