Gelar Koreografi Universitas, BEM KM UMY Bekerjasama dengan BHP dan UKM DC

Koreo UMY 2017. foto:Chaito

Nuansa Online-Sambutan untuk Mahasiswa baru 2017 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) digelar dengan beberapa rangkaian acara, diantaranya adalah koreografi yang dilakukan oleh seluruh Mahasiswa baru bertempat di Lapangan Bintang UMY, Sabtu (19/8).

Koreografi yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara sebelum diselenggarakannya Masa Taaruf (Mataf) oleh Universitas, Fakultas dan Prodi. Mataf sendiri akan berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 21 Agustus. Koreografi yang dihadiri kurang lebih 5000 Mahasiswa baru tersebut membentuk logo Muhammadiyah.

“Inisiasi yang dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk diadakannya koreografi dalam serangkaian acara Mataf tersebut akhirnya pihak Rektorat mendisposisikan Biro Humas dan Protokol (BHP) untuk turun langsung dalam penggarapan koreografi untuk mahasiswa baru 2017. Bukan hanya BHP namun Unit Kegiatan Mahasiswa Drum Crops (UKM DC) juga diseret untuk terlibat,” Ungkap Erwan Sudiwijaya ditemui reporter Nuansa.

Dengan kerjasama yang dilakukan pihak BEM KM UMY dengan BHP dan UKM DC maka terbentuklah tiga strategi yang menjadi tantangan dan tujuan diselenggarakannya koreografi mahasiswa baru tersebut.

“Ada tiga tantangan yang harus kami kerjakan yaitu, yang pertama bagaimana dapat menggerakkan mahasiswa baru ke lapangan bintang, kemudian bagaimana mahasiswa baru yang sudah berada di lapangan bintang tersebut dapat digerakkan menjadi sebuah koreografi dan yang terakhir adalah bagaimana mahasiswa baru tersebut dapat merasakan kebanggaan kepada UMY dengan melepas identitas kedaerahan dan melepas identitas Fakultas maupun Prodinya untuk bersama-sama membuat koreografi berbentuk logo Muhammadiyah,” Jelas Erwan.

Ditemui reporter Nuansa di Sekretariat BEM KM UMY Sewatika Putri, Mahasiswi prodi Ekonomi Perbankan Islam yang bertugas sebagai Koordinator Acara Mataf Universitas menjelaskan tujuan diadakannya koreografi untuk mahasiswa baru tersebut.

“Untuk koreografi sendiri kami sesuai dengan Surat Keputusan (SK) nomor 108 bahwasanya disana ada agenda pra Mataf dan Mataf. Pra Mataf sendiri ada tiga, yang pertama pendaftaran Mataf oleh Fakultas-Fakultas, kemudian technical meeting yang diselenggarakan oleh masing-masing Fakultas dan yang terakhir adalah koreografi Universitas. Untuk tujuan selanjutnya BEM KM ingin ada branding dari UMY terutama untuk BHP itu sangat bagus, karena ketika kita punya ciri khas dalam penyambutan mahasiswa baru tentu akan menambah branding untuk UMY,” Paparnya.

Untuk kepanitiaan Koreografi sendiri ada tiga pembagian, BHP sebagai tim dokumentasi, BEM KM UMY sebagai tim Mobilisasi kemudian DC sebagai Teknisi. Putri menyatakan bahwaanya ada sedikit hambatan yang terjadi saat mobilisasi mahasiswa baru.

“Titik kumpul dilakukan dilapangan bola dimulai pukul 05.00 Setiap Fakultas memiliki penanggung jawab masing-masing. Ada kendala di mobilisasi yang seharusnnya jam 07.00 sudah berada di lapangan bintang namun sampai 08.30 baru dapat dimulai bahkan ada yang baru sampai. Hal tersebut terjadi dikarenakan banyaknya mahasiswa yang berkumpul di Fakultas masing-masing padahal dari awal sudah diinfokan bahwasanya titik kumpul dilakukan dilapangan bola UMY. Namun hal tersebut tidak menganggu jalannya acara hingga terlaksana. Selain itu, ada dua koreografi yang dilaksanakan. Yaitu koreo aktif dan koreo pasif. Koreo aktif kita memakai kurang lebih 3000 mahasiswa koreo pasif memakai kurang lebih 2000 mahasiswa. Penempatan koreografi aktif di Lapangan Bintang dan koreografi pasif diantara gedung AR. A dan AR. B. Sebelum dilakukannya koreografi kami dari BEM KM sendiri mengadakan gladi yang melibatkan tujuh pemandu dari setiap Fakultas, tujuannya agar teman-teman pemandu dapat membantu panitia koreografi dalam mobilisasi dihari H nya,” Ungkap Putri.

Selaku koordinator lapangan dari UKM DC, Ayu memaparkan persiapan dan kendala yang terjadi saat hari dilaksanakannya koreografi untuk mahasiswa baru tersebut. “ Persiapan yang kami lakukan kurang lebih berjalan selama satu bulan, tentu kendalanya pasti ada, namun dari DC sendiri alhamdulilah kendala-kendala kecil dapat diatasi sehingga tidak menganggu jalannya acara. Kemudian untuk koordinasi dengan BHP dan BEM KM UMY juga berjalan lancar. Hanya saja dari teman-teman panitia Mataf dari Fakultas harus lebih diyakinkan lagi diawal,” Jelasnya.

Ditemui reporter Nuansa, salah satu mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Frisna Prambudiantika menyatakan keantusiasannya dalam melaksanakan koreografi Universitas. Walaupun tidak ikut dilapangan langsung, namun Frisna tetap menunjukkan semangatnya untuk hadir mengikuti rangkaian acara sebelum Mataf tersebut.

“Walaupun saya salah satu mahasiswa yang berkebutuhan khusus namun hal itu bukan berarti halangan saya untuk mengikuti rangkaian acara di Universitas. Semampu saya tetap mengikuti, walaupun tadi disana tempatnya penuh dan dibawa sama timkes untuk istirahat disini,” Terangnya.


“Bagi teman-teman yang mungkin lebih beruntung dibandingkan saya gapailah cita-cita setinggi mungkin karena Islam menyuruh kita untuk menuntut ilmu setinggi mungkin di jalan Allah SWT. Tetap semangat dan berikan yang terbaik jangan bermalas-malasan untuk kuliah,” Tambahnya. 

(CDL, SM, RHN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar