Din Syamsudin: Mahasiswa Harus Kritis

Suasana Talkshow pada Mataf UMY (21/08). Foto:Lifta

Nuansa Online-“Seorang intelektual seperti halnya mahasiswa, harus mampu berpikir kritis dan cenderung mengedepankan rasionalitas,” ungkap Din Syamsudin pada kegiatan Masa Ta’aruf Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Mataf UMY), Senin (21/08).  Pada kesempatan kali itu, Din Syamsudin selaku pembicara dalam sesi Talkshow Kebangsaan mengungkapkan peran mahasiswa sebagai kaum intelektual yang lebih mengedepankan otak daripada otot dalam menghadapi suatu permasalahan.

Din Syamsudin juga mengungkapkan, bahwa mahasiswa juga harus mampu untuk melakukan suatu pengamatan atau penelitian terhadap suatu permasalahan, melakukan refleksi atau riset, juga harus mampu menjadi problem solving atau penyelesai suatu masalah. “Mahasiswa harus mampu menjadi penyelesai masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bukan menjadi masalah, apalagi menjadi pencipta masalah,” terang Din.

Selain mantan ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsudin, hadir pula sebagai pembicara talkshow, ialah Hanafi Rais. Senada dengan Din, Hanafi Rais mengungkapkan pentingnya sebuah keberanian pada diri mahasiswa. “Orang pintar tanpa keberanian hanya omong kosong,” ujarnya.

Kegiatan Mataf UMY merupakan salah satu rangkaian dalam penyambutan mahasiswa baru 2017. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Sportorium UMY ini diikuti mahasiswa baru sebanyak 5.233 orang dan dibuka secara langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir.

(ALF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar