Afnan Hadikusumo: Peran Strategis Mahasiswa

Afnan ketika memberikan materi talk show di Mataf FAI. (foto: Yusuf Umaruddin)

Nuansa Online-Hadir dalam hari kedua  Masa Ta’aruf Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Rabu(23/8) bertempat di gedung UNIRES Putra, Kasihan Bantul, Afnan Hadikusumo menjadi pemateri dalam sesi tersebut. Beliau mengunggakapkan pentingnya peran pemuda dan mahasiswa dalam sejarah Republik Indonesia dari masa ke masa. Dari bangkitnya kesadaran persatuan bangsa hingga reformasi banyak diinisiasi oleh mahasiswa.

“Kenapa mahasiswa dipercaya memainkan peran strategis tersebut. Karena yang pertama mahasiswa memiliki idealisme yang masih tinggi. Yang kedua, mahasiswa tenaganya masih kuat karena masih muda lebih kuat dari pada yang tua-tua. Ketiga mahasiswa memiliki sisi intelektual lebih dari pada masyarakat biasa,jelas Afnan pada sesi tersebut.

Afnan yang merupakan Senator Republik Indonesia (RI) dari Yogyakarta mengajak agar mahasiswa tetap pada idealisme. Mahasiswa diharapkan jangan sampai ketika menjadi tokoh penting tergiur dengan bujukan sehingga hilang idealismenya. Ia menceritakan kericuhan ketika Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI beberapa waktu silam. Alasannya karena Ia mempertahankan kebenaran dan ada orang yang ingin mengusik kebenaran tersebut.


(DNX)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar