SAVIOUR 2017, Kegiatan Sehat untuk Ibu dan Bayi Sehat

Para ibu hamil sedang mengikuti acara SAVIOUR.

“Hamil Sehat Demi Ibu dan Bayi Selamat” menjadi jargon utama yang disuarakan dalam setiap rangkaian agenda dalam SAVIOUR (Save Our Mother to Save Our Generation) 2017 yang dilaksanakan di Rumah Dukuh Dusun Dengkeng, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul pada Sabtu (13/5). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah Medical Student Activities (MMSA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini merupakan salah satu kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali di dua desa yang berbeda.

Kegiatan yang diikuti oleh 22 orang peserta yang semuanya merupakan ibu hamil ini dilakukan dalam berbagai rangkaian acara. Mulai dari pemeriksaan kesehatan ibu hamil secara gratis, pemberian penyuluhan tentang kesehatan reproduksi pada wanita hamil, hingga senam ibu hamil.

Dalam penyuluhan kesehatan reproduksi pada wanita hamil yang disampaikan oleh dr. Alfun Dhiya, angka kematian ibu di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih terbilang rendah. Namun di Kabupaten Bantul, angka kematian ibu justru berada di posisi tertinggi dibandingkan dengan kabupaten lain di DIY. Penyebab utama kematian ibu masih didominasi oleh perdarahan. Walaupun masih ada penyebab lain dari kematian ibu seperti pre eklampsia, eklampsia, sepsis, infeksi, dan lain-lain, perdarahan tetap menjadi penyebab utama kematian ibu di DIY.

Oleh karena itu, salah satu tujuan dari diselenggarakannya SAVIOUR 2017 ini adalah untuk menurunkan angka kematian ibu di Kabupaten Bantul sebagaimana disampaikan oleh Prasetya Aji Dewanta selaku Kepala Divisi Reproductive and HIV AIDS Committee MMSA UMY, “salah satu tujuannya sebenarnya ingin menurunkan angka kematian ibu karena tahun lalu di sini untuk angka kematiannya masih tertinggi di Kabupaten Bantul”.

Tujuan lain dari kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu hamil karena dari ibu hamil lah tercipta generasi-generasi penerus. Dengan ibu hamil yang sehat generasi masa depan akan selamat.

Selanjutnya Aji menyampaikan harapannya untuk kegiatan ini kedepan, “Harapan SAVIOUR untuk kedepan mungkin bisa lebih memperhatikan lagi aspek-aspek lain untuk kesehatan ibu hamil karena tidak hanya dari senam hamil atau cek tekanan darah saja, namun bisa dengan aspek-aspek yang lainnya,” tutupnya. 

(KAF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar