Pesta Demokrasi PEMIRA UMY

Ketegangan di TPS FEB

Pemilihan Umum Raya (Pemira) kembali digelar tahun ini. Pesta demokrasi pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa ini diselenggarakan pada Kamis (18/5) bertempat di beberapa titik di sembilan fakultas di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Kurang lebih satu bulan waktu yang digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mempersiapkan Pemira 2017 ini. Ilham Aulia Rahman, ketua KPU menuturkan, bahwa tidak ada peraturan yang membedakan Pemira tahun ini dengan tahun kemarin. “Peraturan tetap sama, karena memang Pemira ini merupakan produk Undang-Undang DPM yang juga merupakan hasil revisi dari Undang-Undang tahun lalu,” terang Ilham. 

Terkait jumlah pelanggaran yang terjadi selama Pemira ini, ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad Faridi, menjelaskan bahwa selama ini laporan yang masuk masih tergolong laporan-laporan ringan, seperti misalnya kelebihan waktu kampanye. “Kami punya alur pengkajian laporan yang masuk. Ketika ada laporan yang masuk, kami langsung melakukan verifikasi dengan pihak yang terkait, sehingga pengambilan keputusan tidak sepihak. Sejauh ini, hanya pelanggaran ringan yang masuk, hanya sekadar kelebihan waktu kampanye, dan belum ada yang sampai melanggar kode etik,” jelas Faridi.

Menurut Ilham, Pemira tahun ini, KPU menargetkan jumlah pemilih sebanyak 7000 hingga 7500 pemilih. Jumlah ini meningkat 1000 hingga 1500 pemilih dibandingkan dengan target tahun lalu, yaitu hanya 5000 pemilih. Ilham mengatakan, bahwa setiap tahun pasti ada peningkatan target pemilih sebanyak 1000 hingga 1500 pemilih.

Di lain pihak, ketika ditemui Nuansa, Granisa, mahasiswi Fakultas Hukum 2015 dan Nur Indah Permata Sari, mahasiswi Ekonomi Perbankan Islam 2014, merasakan euphoria yang lebih sepi dibandingkan tahun lalu. “Kalau dibanding tahun kemarin, kali ini lebih sepi. Tahun lalu hawa Pemira lebih ‘panas’,” tutur Granisa.

Sementara itu, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sempat mengalami ketegangan pada penghujung waktu pencoblosan atau sekitar pukul 17.00. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat mahasiswa yang ingin mencoblos ketika waktu telah melebihi pukul 17.00. Sehingga mahasiswa yang belum berkesempatan mencoblos melakukan protes.

Petugas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) FEB, yang namanya enggan disebutkan menuturkan bahwa hal tersebut terjadi karena masalah waktu pencoblosan. “Kami (panitia) memulai tepat pukul 08.00 dan diakhiri pukul 17.00. Jadi kami menghentikan juga tepat pukul 17.00. Tetapi antrian yang datang sebelum pukul 17.00 kita tetap perbolehkan dan antrian setelahnya kita stop,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, Pemira 2017 ini diikuti oleh dua partai politik, yaitu, Partai Islam Progresif (PIP) yang mengusung Febi Fauzan Azmi dan Rahmat Ghifar DJ sebagai pasangan Calon Presiden Mahasiswa dan Calon Wakil Presiden Mahasiswa, dan Partai Jas Merah (PJM) yang mengusung  Ahmad Rais Habib dan Laela Farhatun Zakiyah sebagai pasangan Calon Presiden Mahasiswa dan Calon Wakil Presiden Mahasiswa.


Ilham, selaku ketua KPU berharap untuk ke depannya tidak ada lagi peraturan yang sekiranya mempersulit partai politik maupun partisipasi mahasiswa. “Untuk tahun ke depannya, peraturan yang ‘bolong-bolong’ harus segera diperbaiki dan peraturan yang ada itu mudah untuk dilaksanakan, jangan sampai ada peraturan yang sekiranya mempersulit partai politik, mahasiswa, dan partisipasi politik di kampus,” harapnya. 

(ALF, CDL, ANS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Bandar Q Online Terpercaya dan Teraman di GUNUNGPOKER
    Link daftar : http://bandaraduq.com/Register.aspx?lang=id
    BBM : 56978317

    SEMUA GAME HANYA PAKAI 1 USER ID : Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Poker,

    Segera daftarkan userid anda di GUNUNGPOKER
    Promo Terbaru dari GUNUNGPOKER
    - Minimal DEPOSIT & WITHDRAW Rp 20.000,-
    - Tersedia 7 game dalam 1 USER ID
    - BONUS Turnover 0.5%
    - BONUS Referral 20%

    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT GUNUNGPOKER 24 JAM ONLINE
    Fanspage FB : @agengunungpoker
    Pin BB : 56978317
    WA : +62812-7287-4416
    LINE : gunungpokercsr1
    WECHAT : gunungpokercsr1
    YM : gunungpokercsr1@yahoo.com

    BalasHapus