Penerapan Kampus Anti Rokok, Kemsoslingkes BEM KM UMY Gelar Konsolidasi

Foto bersama dalam acara Konsolidasi Kawasan Anti Rokok.

Kementerian Sosial, Lingkungan, dan Kesehatan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Univrsitas Muhammadiyah Yogyakarta (Kemsoslingkes BEM KM UMY) menyelenggarakan Konsolidasi Kawasan Anti Rokok di Amphiteather B Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) pada Kamis (11/5). Konsolidasi ini menghadirkan perwakilan-perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UMY.

Tujuan diselenggarakannya konsolidasi ini yaitu untuk mensosialisasikan peraturan dan diskusi bersama tentang Kampus Tanpa Rokok (KTR). “Pengalaman yang saya alami ternyata masih banyak tidak tahu tentang peraturan tentang larangan merokok di lingkungan kampus,” ujar Ahla Chayatush Sholichah, Menteri Sosial, Lingkungan dan Kesehatan BEM KM UMY, dalam pemaparannya terkait KTR.

Kemsoslingkes BEM KM UMY mengharapkan dari diadakannya konsolidasi dan diskusi ini dapat menghasilkan Standard of Procedure (SOP) untuk tim Satuan Tugas (Satgas) Aliansi – KTR yang akan dibentuk. “Kami sudah berdiskusi dengan Pak Sri Atmadja dan beliau mengatakan jika hanya satu yang menegur akan kurang berhasil, karena itu butuh Satgas untuk menegur mahasiswa yang merokok,” ungkap Ahla terkait perlunya pembentukan Satgas.

Peraturan tata tertib kampus terkait larangan merokok menjadi hal yang didiskusikan dalam konsolidasi ini, terutama pada kurang tegasnya implementasi dari kampus. Diksusi tersebut menghasilkan beberapa usulan penerapan KTR seperti adanya kampanye besar-besaran larangan merokok, Sidang Dadakan (Sidak) dengan petinggi kampus, hingga kerja sama dengan HMJ-HMJ dan jajaran Dekanat Fakultas-fakultas di UMY.


(RAN, MADA) 
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar