PEMIRA Perdana, Ribuan Mahasiswa FEB Gunakan Hak Pilihnya

Suasana TPS PEMIRA FEB 2017.

Pemilihan Umum Raya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (PEMIRA FEB) telah dilangsungkan pada Rabu (10/5) bertempat di depan Halaman Parkir Gedung KH Ibrahim Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka pada pukul 08.00 hingga 17.00. PEMIRA kali ini merupakan PEMIRA pertama kali yang diterapkan oleh FEB. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) FEB, PEMIRA tersebut diikuti sekitar 1200 pemilih.

Gilang Try Ananda, Mahasiswa Manajamen mengaku antusias dengan PEMIRA FEB kali ini. “PEMIRA FEB berjalan dengan bagus, saya ingin berpartisipasi langsung dalam pemilu ini,” ungkap Gilang. Hal senada juga diungkapkan Hartina Lutfi, Mahasiswa Manajemen, ia mengungkapkan PEMIRA FEB telah berjalan dengan cukup baik. “PEMIRA kali ini berjalan dengan baik dan bijaksana. Saya ingin berpartisipasi untuk fakultas saya agar menjadi lebih baik,” ungkap Hartina. Di sisi lain, Fathurakhman Wisnu Aji, Mahasiswa Ilmu Ekonomi, menganggap sosialisasi PEMIRA ini dirasa masih kurang. “Untuk mahasiswa yang belum berorganisasi mungkin masih belum begitu tertarik dengan ini (PEMIRA), sehingga perlu dorongan yang lebih,” tutur Fathur.

Sementara itu, kritik justru dilontarkan oleh kedua partai. Fungky Giyono Putro, selaku Ketua Partai Amanat Mahasiswa (PAM) mengaku kurangnya transparansi dari pihak pantia penyelenggara. “Informasi yang diberikan belum menyentuh keseluruh mahasiswa FEB. Seperti informasi penyuluhan pemilu yang hanya diadakan di kelas serta ketimpangan jumlah surat suara yang ada dengan jumlah mahasiswa aktif,” ungkap Fungky. Kritikan juga dilontarkan oleh Ketua Partai Kampus Matahari (PKM), Ahmad Rais Habib, dia menyayangkan hanya terdapat satu TPS. “Yang pertama kali ini (PEMIRA) memang banyak kendala, dari perhitungan jumlah pemilih tadi sekitar 1200 suara, saya kira itu belum maksimal karena TPS yang dibuka hanya satu sehingga antrian panjang dan banyak kawan-kawan yang tidak jadi mencoblos. Ditambah lagi kurang tegasnya KPU dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) dalam menegakan aturan,” tutur Rais. Namun Rais tetap mengapresiasi kinerja KPU dan BAWASLU yang telah mengadakan PEMIRA FEB. “Kita perlu mengapresiasi mereka karena PEMIRA akhirnya tetap bisa berjalan,” imbuh Rais.

Sendi Pamungkas, selaku Ketua KPU FEB menyatakan bahwa KPU telah berusaha menjalankan PEMIRA FEB dengan sebaik mungkin. “Kami telah mempersiapkan sebaik-baiknya walaupun dipraktiknya masih terdapat beberapa kekurangan, namun kami sudah mempersiapkan yang terbaik karena ini PEMIRA perdana bagi FEB,” ungkap Sendi. Sendi menambahkan bahwa dalam pelaksanaan PEMIRA FEB kali ini masih belum sempurna  dan masih terdapat sedikit kesalahpahaman. “KPU akan membicarakan masalah ini dan menjunjung tinggi demokrasi sehingga semua benar-benar fair,” tutup Sendi.

Setelah proses pemungutan suara selesai akan langsung dilanjutkan dengan proses perhitungan cepat atau Quick Count.  Hingga berita ini diterbitkan proses perhitungan cepat atau quick count masih berlangsung.

(ANS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Bandar Q Online Terpercaya dan Teraman di GUNUNGPOKER
    Link daftar : http://bandaraduq.com/Register.aspx?lang=id
    BBM : 56978317

    SEMUA GAME HANYA PAKAI 1 USER ID : Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Poker,

    Segera daftarkan userid anda di GUNUNGPOKER
    Promo Terbaru dari GUNUNGPOKER
    - Minimal DEPOSIT & WITHDRAW Rp 20.000,-
    - Tersedia 7 game dalam 1 USER ID
    - BONUS Turnover 0.5%
    - BONUS Referral 20%

    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT GUNUNGPOKER 24 JAM ONLINE
    Fanspage FB : @agengunungpoker
    Pin BB : 56978317
    WA : +62812-7287-4416
    LINE : gunungpokercsr1
    WECHAT : gunungpokercsr1
    YM : gunungpokercsr1@yahoo.com

    BalasHapus