Narasinara: Flores Punya Cerita, itu Sudah

Sumber gambar : dokumen Nuansa.

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Proyek Ekspedisi Nusantara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN Pena UMY) telah menyelesaikan kegiatan launching and talk book dari buku karya salah seorang anggotanya yaitu Alfina Rahmatika (Mahasiswi IPIEF 2013) yang berjudul "Flores Punya Cerita, Itu Sudah" pada Jum'at malam (07/04). Launching dan bincang buku dilaksanakan di Tuan Muda Cafe Seturan. Buku tersebut berisi catatan perjalanan pengabdian dari penulis dan rekan-rekan Pena UMY lainnya di salah satu daerah di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Isi catatan dalam perjalanan pengabdian mereka diantaranya mengenai pertanian, pendidikan, sosial, budaya, eko pariwisata, dan bonus pengalaman luar biasa lainnya. Alfiana menyatakan bahwa terdapat hambatan sebelum buku tersebut diterbitkan, namun karena motivasi dari orang tua dan rekan-rekannya, berbagai hambatan dapat terselesaikan. Penulis juga membuat tim untuk penerbitan buku yaitu "Narasinara" yang berarti narasi kebahagiaan karena "nara" berasal dari bahasa sansekerta yang bermakna bahagia.


Hasil penjualan dari buku "Flores Punya Cerita, itu Sudah" akan didonasikan untuk masyarakat Sambi Rampas, Flores, NTT. Buku tersebut merupakan karangan buku pertama Alfina, kemudian terdapat buku yang masih dalam proses pengerjaan yaitu buku tentang tips and trick bagi mahasiswa berdasarkan pengalamannya sebagai delegasi berbagai kegiatan ke Malaysia, Vietnam, maupun Hongkong beberapa waktu lalu. Sang penulis menyatakan "Harapannya buku pertama ini dapat diterima, bermanfaat, dan menginspirasi oleh banyak orang, khususnya bagi masyarakat Sambi Rampas dan anak muda Indonesia". (RKh, APR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: