Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat

Sumber gambar : https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/ab/b3/f2/abb3f2e3972a871e2c9ccc362651fd3a.jpg.

Pernahkah kamu ketika sedang berkumpul dengan teman atau sahabat, tetapi mereka malah sibuk sendiri dengan gadget nya masing-masing, kemudian tiba-tiba salah satu dari mereka ketawa sendiri dan kita pada melongo heran dengan kelakuannya? Sebenarnya fenomena seperti ini hanya sebagian kecil daripada efek sosial media. Walaupun jujur aja sebelum dikasih tau dampak dari sosial media pasti kita udah pada tahu.

Berkaca dari judul opini ini, kadang-kadang kita lebih care terhadap manusia virtual yang berada 1000 KM yang jauh jaraknya dari kita. Lebih tragisnya lagi, kita lebih takut mempunyai sedikit followers di sosial media ketimbang kita dapatkan 1 teman didunia nyata.

Tidak heran bahwa orang-orang zaman sekarang bergantung dengan yang namanya sosial media. Dengan adanya sosial media memang sangatlah membantu kita dalam berbagai hal seperti berkomunikasi ataupun menambah teman.

Namun dalam beberapa kasus, sosial media memiliki banyak dampak negatif seperti kurangnya sosialisasi kita pada lingkungan sekitar. Karena gadget yang kita gunakan memberikan efek candu pada diri kita terhadap aplikasi media sosial yang ada didalam gadget kita. Hal ini secara tidak langsung membuat kita lupa dan tidak peduli serta  kurang  peka dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Media tanpa disadari melumpuhkan semangat di dunia nyata lewat hilangnya kepekaan orang untuk hidup bermasyarakat pada lingkungan nyata sekitarnya, bahkan mungkin acuh tak acuh pada lingkungan sekitarnya. Singkatnya  sosial media mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”. kita lebih sibuk mengejar yang jauh yang sebenarnya tidak terlalu penting dalam kehidupan kita, tetapi justru tidak terlalu memperdulikan mereka yang berada dekat dengan kita. Disadari atau tidak itulah fenomena yang terjadi saat ini disekitar kita bahkan diri kita sendiri.

Tak bisa dipungkiri bahwa hadirnya media sosial telah memudahkan proses komunikasi. Namun media sosial juga memiliki efek negatif seperti yang telah dipaparkan diatas. Hal ini kembali lagi kepada pribadi kita masing-masing sebagai pengguna sosial media. Apakah kita sudah menggunakan sosial media secara bijak atau tidak. Gunakanlah sosial media secara bijak dan sewajarnya. Jangan sampai membuat kita lupa dengan lingkungan sekitar. Serta gunakan gadget kita untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan lebih positif.

(Niswa)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar