IKPM Jateng Adakan Temu Mahasiswa

Suasana diskusi IKPM (18/04)

Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Jawa Tengah (IKPM Jateng) menyelenggarakan acara Temu Mahasiswa dengan tema diskusi yang diangkat adalah “Peran Mahasiswa Jawa Tengah dalam Pembangunan Desa Tanpa Meninggalkan Kearifan Lokal.” Acara ini diselenggarakan di Wisma Keluarga Mahasiswa (Kagama) Universitas Gadjah Mada  (UGM)  pada Selasa (18/04) yang diikuti oleh anggota IKPM Jateng.

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara yakni; Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng), Heddy Shri Ahisma Putra (Guru besar Ilmu Budaya UGM), Yani Sapto Hudojo (Budayawan Jateng). Serta diskusi ini juga dimoderatori oleh Muhammad Febriansyah.

Iqbal Kholil Rahman, selaku Ketua Panitia Acara menjelaskan latar belakang diangkatnya tema diskusi tersebut adalah berangkat dari sebuah pembangunan yang sedang gencar-gencarnya di Jawa Tengah, terkait dengan pemerintah juga karena sekarang desa sangat diperdayakan dengan beberapa anggarannya yang sangat luar biasa dari pemerintah pusat. “Di sini juga kita ingin mengokohkan bagaimana mahasiswa ketika mereka kembali ke desanya masing-masing mereka memiliki sebuah visi misi untuk membuat perubahan, tidak kembali ke desanya masing-masing dengan tangan kosong dan jadi pengangguran”, Ungkapnya. Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa pembangunan yang mahasiswa inginkan adalah pembangunan yang tanpa meninggalkan kearifan lokal, yakni pembangunan yang menghormati hak-hak asasi manusia dan juga yang lainnya.

Kegiatan diskusi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari agenda besar tahunan IKPM Jateng dengan tema besar “Java Etnic Artnival”, serta dengan sub tema  “The Young Spirit of Java”. Pembukaan agenda besar IKPM Jateng ini sebelumnya sudah dibuka dengan adanya turnamen futsal, lomba fotografi, dan lomba essay. Acara penutupan dari rangkaian agenda besar akan diadakan pada 20-21 April 2017 di 0 kilometer Yogyakarta. 

(ASN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar