Dukungan Terus Berlanjut, Solidaritas Jogja untuk Kendeng Kembali Gelar Aksi

Para demonstran melakukan aksi di depan Wisma Kagama (18/04)

Solidaritas Jogja untuk Kendeng yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat di dalamnya melakukan aksi demo di depan Wisma Keluarga Mahasiswa (Kagama) Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (18/04). Demo yang digelar bertepatan dengan hadirnya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai pembicara dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Wisma tersebut.

Dalam Aksi yang dilakukan, mereka menolak pendirian pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng, Jawa Tengah. Mereka berorasi di depan gerbang masuk tempat acara. Sedangkan beberapa aparat kepolisian dan keamanan kampus UGM berjaga-jaga di depan pintu masuk Wisma.

Dalam orasinya, Solidaritas Jogja untuk Kendeng menyampaikan tujuan mereka ke sini adalah untuk mendukung tempat perjuangan warga di pegunungan kendeng dalam  mempertahankan hak atas tanah dan airnya. Serta mereka ingin menagih konsistensi dan kepatuhan Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah soal putusan Mahkaman Agung (MA)  No. 99 tahun 2016 tentang pencabutan izin lingkungan penambangan di kawasan Cekungan Air Tanah (CAT)  watuputih. Selain itu, mereka juga mendesak Ganjar sebagai aparatur negara di Jawa Tengah untuk  melindungi hak-hak masyarakat atas tanah dan airnya.

Saat Ganjar ingin menjawab tuntutan-tuntutan yang disampaikan peserta aksi demo, mereka menolak enggan mendengarkan penjelasan Ganjar. “Gak apa-apa, gak mau dijawab yo uwes (Re: Tidak apa-apa, tidak mau dijawab ya sudah),” Ujar Ganjar sembari meninggalkan peserta aksi demo menuju mobilnya.


Alasan peserta aksi demo tidak ingin mendengarkan penjelasan dari Ganjar karena proses diskusi sudah selesai. Pernyataan tersebut dituturkan oleh Fadli Julendra, selaku peserta aksi demo. “Sudah ada putusan pengadilan, kita tidak perlu mendengarkan alasan dia, yang penting dia harus penuhi tuntutan warga yang menolak pembangunan pabrik semen,” Kata Fadli.  

(ASN)


Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar