Ciptakan Pengalaman Pengabdian Masyarakat, Komunitas GBN Gelar Pra KKN di Desa Agrosari



Komunitas Pengabdian Masyarakat Generasi Bakti Negeri (GBN) yang akan melakukan penerjunan tim KKN ke Pulau Sebatik mengadakan sebuah kegiatan pra KKN yang bekerjasama dengan Pemuda Dukuh Jambon, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu yaitu Karang Taruna Guyub Rukun dan kelompok mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Minggu, (9/4). Kegiatan yang dilaksanakan di desa Argosari, Kecamatan Sedayu ini dimulai pada pukul 08.00 dan diramaikan oleh anggota GBN, masyarakat Desa Argosari, serta mahasiswa Program Studi PLS UNY yang sedang melakukan praktik.

Acara ini diisi oleh beberapa kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama, perawatan tanaman pepaya, pembuatan Pupuk, dan diakhiri dengan kegiatan tubing sungai. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh anggota GBN yang nantinya akan diaplikasikan untuk salah satu program KKN mereka di Sebatik, Kalimantan Utara.

Bram selaku ketua KKN Saudara Sebatik Project 3 mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran inovatif kepada peserta dengan terjun langsung di masyarakat. “Kami memang sengaja membuat workshop pra KKN kali ini dengan konsep berbeda, yaitu dengan terjun langsung ke masyarakat agar nantinya peserta dapat mengaplikasikan ilmu dari kegiatan ini untuk kegiatan KKN saat di Pulau Sebatik dan mungkin juga berguna di kegiatan ke depannya.

Desa Argosari sendiri dipilih sebagai lokasi acara karena desa tersebut merupakan desa mitra bagi kelompok GBN yang dapat dijadikan sebagai laboratorium atau tempat praktik sebelum nantinya  terjun langsung di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara. Selain itu dengan adanya kegiatan ini dapat merealisasikan salah satu program Desa Argosari yaitu menjadi salah satu desa wisata di Yogyakarta. Dengan segala potensi sumber daya alam yang ada, Triyanto salah satu pengurus Karang Taruna Guyub Rukun berharap nantinya akan terwujud adanya desa wisata di Argosari.

Triyanto juga mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan pra KKN ini bisa menjadikan wadah saling berbagi ilmu antar anggota dan masyarakat. “Saya sangat senang karena kegiatan ini kita bisa berbagi ilmu. Pihak GBN mendapat ilmu mempelajari olahan pupuk dan kita bisa belajar bagaimana kekompakan dan solidaritas kalian karena ini bisa menjadi sebuah peluang bagi desa Argosari agar nantinya bisa lebih maju lagi,” ungkap Tri.

Sebanyak 30 peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan penuh semangat. Hal ini terlihat sejak kegiatan senam pagi hingga acara penutup para peserta tetap setia mengikuti rangkaian acara hingga selesai.

Bram berharap dengan adanya kegiatan ini akan semakin mempererat tali silaturahim antar anggota dan masyarakat Desa Argosari serta menjadikan kegiatan ini sebagai tempat pembelajaraan yang bermanfaat yang nantinya bisa diterapkan di tanah pengabdian.

“Acaranya asik, selain bisa bersosialisasi dengan masyarakat Desa Argosari dan mahasiswa UNY kita juga bisa dapat banyak ilmu dalam pembuatan pupuk dan perawatan tanaman pepaya. Semoga nantinya kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dan tidak berhenti sampai disini,” tutup Nugraha salah satu peserta. (AHP)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar