Budaya di Mata Generasi Muda Saat ini

https://muhammadfauzianwar.files.wordpress.com/2012/03/culture_by_aagaardds.jpg

Perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat menjadikan kita dapat mengakses apapun yang diinginkan. Apalagi saat ini kita hidup di zaman globalisasi yang menjadikan pertukaran mengenai pandangan dunia, pemikiran, dan khususnya aspek-aspek tentang budaya dapat terjadi secara cepat. Sehingga karena adanya hal tersebut menjadikan timbulnya dampak yang postif dan negatif untuk generasi saat ini khususnya di pandangan mengenai budaya. Budaya merupakan sesuatu yang berkembang dan hidup di dalam diri seseorang semenjak dia lahir karena diwarisakan secara generasi ke generasi tergantung tempat ia berada dan terbentuk dari banyak unsur seperti agama, adat istiadat yang berlaku dalam suatu daerah, bahasa, politik, dan lainnya yang menyangkut tentang unsur budaya.

Generasi saat ini yang dapat dikatakan sebagai generasi yang terkena dampak globalisasi sehingga kehidupan yang dapat terlihat adalah kehidupan modern yang menjurus ke budaya kebarat-baratan. Memang hal tersebut bukan lah sesuatu yang buruk apabila budaya tersebut diimplentasikan dengan baik. Apalagi jika budaya dari luar tersebut dapat diselerasikan dengan budaya lokal Indonesia. Sehingga bisa menciptakan sesuatu yang baru bahkan dengan adanya teknologi yang semakin berkembang ini dapat dikenalkan di dunia Internasional. Namun, dari hal tersebut masih sebagian kecil generasi muda yang dapat memanfaatkan hal positif dari pencampuran budaya ini. Sebagiannya lagi justru mengemplementasikan budaya sebagai hal salah.


Dengan melihatnya fakta yang ada di masyarakat,misalnya yang dapat dilihat dari media sosial. Nilai-nilai budaya yang telah ditanamkan dan disepakati sejak dahulu mulai lemah untuk dipertahankan dikalangan generasi muda apalagi di daerah-daerah besar. Walaupun tidak dapat dipungkuri masih ada daerah yang tetap mempertahankan nilai-nilai budaya yang ada di tempat mereka. Di mata generasi muda saat ini, hampir semuanya lebih berkiblat pada budaya kebarat-baratan dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Hal ini paling mencolok adalah bagaimana cara mereka berpakaian dan cara mereka berbicara atau berinteraksi dengan seksamanya. Mengikuti  budaya barat itu dapat dikatakan baik apabila kita dapat mengambil sisi baik dari budaya itu sendiri yang kemudian dapat diterapkan di diri sendiri bahkan dapat dicontohkan oleh orang lain. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda yang akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik hendaknya tetap mempertahankan, menjaga, serta melestarikan budaya yang ada. (AYU)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar