Agrotech Fair 2017: Memperkenalkan Pertanian pada Masyarakat Urban

Pemukulan gong pada Agrotech Fair 2017 .

Agrotech Fair 2017 resmi dibuka dengan pemukulan gong secara simbolik oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  yang diwakili oleh Sukuryati Susilo Dewi, dan Dekan Fakultas Agroindustri Univeritas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Wafit Dinarto di Plaza Pasar Ngasem, Sabtu, 15 April 2017. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) UMY bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi UMBY ini mengangkat tema “Discovering The Real Agriculture” dengan dua agenda utama, yaitu Agro Expo dan Agro Talk.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkenalkan pertanian pada masyarakat urban. Bahwasannya, sektor pertanian, bukan hanya meliputi tentang bercocok tanam dan bermain di sawah. “Pada era ini, globalisasi semakin meningkat, kerena itu bagi para petani urbanisasi bisa memanfaatkan bagaimana pertanian yang dibangun degan lahan yang sempit tapi mampu meningkatkan ekonomi,” tutur Ketua Panitia Agrotech Fair 2017, Irfan Aris.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai dari Sabtu-Minggu, 15-16 April 2017. Acara pada hari pertama dimulai dengan pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan  Agro Expo yang diikuti oleh 30 stand dari berbagai kelompok wirausaha tani, mahasiswa Agroteknologi dari berbagai universitas di Yogyakarta, dan komunitas pertanian lainnya, open show perlombaan yang diikuti oleh kalangan mahasiswa dan umum. Sedangkan, pada hari kedua Agro Expo akan tetap berlangsung dan akan diadakan Agro Talk yang mengusung tema “Urban Farming”. Pada Hari kedua juga akan diadakan malam puncak, dengan menyelenggarakan pentas seni dari kalangan mahasiswa.

Dengan diadakannya acara ini, Yogi Prayugo selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi UMBY berharap pertanian di Indonesia juga dapat lebih baik untuk kedepannya.


(KAF/TAN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar