Pentingnya Sebuah Kejujuran

Sumber gambar : http://pintuledeng.com

Zaman telah berganti bahkan duniapun mulai menyimpang dalam artian bagaimana manusia beretika dan bersikap yang kemudian terus mengikis nilai-nilai yang sebelumnya dianggap sangat vital dimasyarakat. Kejujuran yang dulu dianggap segalanya, lambat laun mulai dikesampingkan atas nama sebuah kebebasan. Kebebasan untuk mengatakan segala hal yang belum tentu hal tersebut dapat dipertanggung jawabkan bahkan tingkat kredibilitasnya masih sangat dipertanyakan.

Mungkin benar ada kata yang bisa menggambarkan kondisi yang di anggap biasa, namun sebenarnya sangat memprihatinkan di bumi pertiwi. Saat ini bukan hanya emas, permata, berlian, dan  mutiara yang memiliki harga mahal namun kejujuran dapat dikatakan lebih mahal dari barang berharga tersebut. Mengingat saat ini banyak hal yang mengidentifikasikan semakin menjamurnya nilai kejujuran yang dianggap remeh.

Hal ini dapat dilihat dari berita-berita yang memuat ujaran kebencian atau yang lebih dikenal dengan berita hoax. Dalam berita hoax sudah dapat dipastikan bahwa tingkat kredibilitas dari berita tersebut tidak berdasar yang berarti secara tidak langsung berita tersebut memuat unsur-unsur  mengesampingkan nilai berita yang harus berisi berita yang jujur.

Sebenarnya kejujuran itu bisa kita nilai dari hal yang paling sederhana dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari seperti bagaimana kita bersikap jujur dengan lingkungan kita ataupun kita bisa bertanya kepada diri kita sendiri apakah sudah berprilaku jujur dengan diri kita. Dalam hal ini yaitu jujur tentang segala hal yang sedang di lakukan, seperti menghindari berprilaku tidak jujur karena saat ini batasan antara kejujuran dan kebohongan itu bedanya sangat tipis. Ketika kita sudah bisa berprilaku jujur kepada diri sendiri maka akan lebih mudah bagi kita untuk bersikap jujur dengan orang lain.


Ada segelintir kalangan atau individu yang mengesampingkan kejujuran karena menganggap bahwa eksistensi mereka lebih penting dibandingkan dengan kejujuran itu sendiri. Jika kita ingat pembelajaran pentingnya kejujuran sudah dilakukan sejak dini baik itu oleh orang tua ataupun dengan pendidikan lainnya. Yang perlu kita tekankan bahwa tidak ada ruginya berperilaku jujur meskipun terkadang kejujuran akan membuat kita di jauhi beberapa kalangan, namun ingatlah bahwa kejujuran akan mengahasilkan sesuatu yang tidak ternilai. Karena kejujuran sekecil apapun akan memiliki nilai dimata Sang Pencipta. (Meutia)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar