Didemo Soal Kendeng, Ganjar Pranowo Batal Hadiri Seminar di UMY

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, batal menghadiri acara seminar nasional yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada Sabtu (25/3), menyusul demonstrasi dan penolakan yang disampaikan oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Jogja Tolak Pabrik Semen di Kendeng, Jawa Tengah. Massa peserta demonstrasi telah berkumpul  sejak Sabtu pagi di depan Gedung AR Fachruddin UMY, tempar di mana acara seminar akan diadakan.

Fatur, salah satu anggota dari Solidaritas Jogja Tolak Pabrik Semen mengatakan bahwa kebijakan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, tidak memberikan kesejahteraan bagi kelangsungan hidup petani Kendeng. Selain itu Fatur juga menambahkan bahwa kebijakan tersebut menurut hukum adalah cacat, karena pernah ditinjau kembali oleh Mahkamah Agung, terkait Ijin penerbitan pabrik semen di Rembang. Peserta aksi menyayangkan panitia seminar yang mengudang Ganjar Pranowo di tengah situasi politik sosial sekarang yang sedang hangat di Indonesia.

Kedatangan kami di sini, bahwasanya kawan-kawan Muhammadiyah tidak peka dalam membaca situasi politik sosial yang ada di Indonesia,” ujar Fatur. Muhammadiyah di sini, yang dimaksud adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (BEM Fisipol) karena mengundang Ganjar Pranowo sebagai salah satu pembicara dalam rangka Seminar Pekan Keilmuan Sosial Politik 2017 dengan tema “Kapitalisasi Media Digital Sebagai Agen Pembentuk Pola Pikir Masyarakat”.

Sehari sebelumnya, panitia pelaksana acara telah mengeluarkan pers rilis terkait pembatalan Ganjar Pranowo sebagai salah satu pembicara dalam acara seminar nasional tersebut. Dalam pers rilisnya, panitia menjelaskan bahwa setelah melihat dan menimbang dari dinamika-dinamika sosial yang terjadi di Kendeng, serta masukkan dari berbagai pihak, akhirnya BEM Fisipol memutuskan secara sadar dan penuh tanggungjawab untuk membatalkan kehadiran dari Ganjar Pranowo. Walaupun sudah membantalkan kehadiran dari gubernur Jawa Tengah ini ke dalam acara seminar, BEM Fisipol juga telah menjelaskan bahwa latar belakang mendatang kehadiran Ganjar Pranowo, karena Ganjar Pranowo merupakan Gubernur yang aktif di sosial media dan melakukan sosialisasi terhadap program kerja Jawa tengah  melalui akun media sosial. Dengan pembatalan undangan Ganjar Pranowo dalam acara seminar yang diselenggarakan oleh BEM Fisipol, acara tetap berlangsung.

Aliansi Solidaritas Jogja Tolak Pabrik semen ini terdiri dari beberapa aliansi antara lain Komite Bersama Reformasi, Pusat Perjuangan rakyat Indonesia, Komite Perjuangan Rakyat Yogyakata, Jogja darurat Agraria dan beberapa individu lainnya. Karena aliansi ini untuk pertama kalinya mengadakan aksi di UMY, untuk ke depannya jika masih belum ada follow up, maka aliansi ini akan mendorong persatuan seluas-luasnya yang ada di Yogyakarta untuk menyerukan perjuangan petani di Kendeng.  (NZ, TYS)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar