Bertamu ke SMPN 1 Kasihan, Mengenalkan Cara Menggunakan Sosial Media dengan Bijak

Suasana sosialisasi penggunaan sosial media.

LPPM Nuansa melakukan kunjungan ke SMP N 1 Kasihan pada Rabu, 8 Maret 2017 tepatnya di kelas VII A untuk mensosialisasikan tata cara penggunaan sosial media yang bijak. Sosialisasi yang berjudul "Literasi Media: Cermat dalam Bersosial Media" ini bertujuan untuk memberikan pengenalan, khususnya pada remaja masa kini agar lebih cerdas dalam memanfaatkan sosial media.

Acara ini diawali dengan kata sambutan oleh Ibu Yeni, selaku perwakilan guru dari SMPN 1 Kasihan dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh pimpinan umum LPPM Nuansa, Kamalia Firdausi sekaligus membuka secara resmi acara tersebut. Adapun hal ini terkait dengan serangkaian acara Journalist Week 2017 yang diselenggarakan oleh LPPM Nuansa pada 6-11 Maret 2017.

Dimas Mandegani, selaku perwakilan dari LPPM Nuansa menjadi pemateri pada sosialisasi kali ini. Di awal, Dimas menjelaskan tentang pengertian dari literasi media serta mengenalkan tentang bagaimana caranya menggunakan sosial media dengan benar dan bijak. Dilanjutkan dengan memperlihatkan dampak positif dan dampak negatif menggunakan sosial media serta menampilkan video yang terkait dengan materi.

 Pada pertengahan acara, usai dilakukannya sosialisasi, LPPM Nuansa mengajak murid-murid untuk ikut berpartisipasi membagi ilmu mereka tentang sosial media dengan membuat poster-poster yang menarik yang terkait dengan materi yang telah disampaikan. Mereka dibagi menjadi 5 kelompok, dan diberi waktu 30 menit untuk menyelesaikan poster tersebut. Setelah itu, mereka mempresentasikan karya mereka di depan kelas.

"Materinya menarik, terima kasih buat kakak-kakak sekalian yang telah membagi ilmunya disini, setelah ini kami akan mencoba untuk menggunakan sosial media dengan baik," ucap salah satu murid. Ibu Yeni, selaku perwakilan guru dari SMPN 1 Kasihan mengucapkan terima kasih dan berharap bahwa acara seperti ini akan diadakan lagi di masa yang akan datang.


Acara ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan oleh LPPM Nuansa kepada SMPN 1 Kasihan serta foto bersama dengan murid-murid yang telah ikut berpartisipasi dalam acara ini. Acara Literasi Media kepada sekolah-sekolah tertentu ini termasuk dalam rangkaian acara Journalist Week 2017 yang diselenggarakan oleh LPPM Nuansa pada 6-11 Maret 2017, dengan acara puncak pada 11 Maret 2017 yang bertempat di Mini Theater Gedung E6 Lt.5 dan dihadiri oleh beberapa Narasumber ternama. (Dinda)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar