Beasiswa Tesis LPDP Bantu Ringankan Biaya Orang Tua

Foto bersama Workshop Beasiswa Tesis.
Oleh : Achmad Zulfikar

Sawanua Foundation dan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  menyelenggarakan Workshop Beasiswa Tesis di Ruang Simulasi Sidang HI UMY pada Kamis (9/2). Kegiatan ini diikuti 22 orang peserta dari Pascasarjana UMY dan Universitas Gajah Mada (UGM). Tujuan kegiatan ini untuk memberikan informasi rinci dan pengalaman praktis mengenai pengajuan beasiswa tesis dan disertasi Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) bagi mahasiswa pascasarjana yang diinisiasi oleh Achmad Zulfikar, Awardee Beasiswa Tesis dan Disertasi LPDP dan Awardee Muhammadiyah Scholarship Preparation Program Tahun 2017. Ia merupakan alumni HI UMY angkatan 2010 dan Sekretaris Umum LPPM Nuansa UMY periode 2012-2013.

Zulfikar membawakan materi berjudul “A-Z Pengajuan Beasiswa Tesis LPDP”. Ia memaparkan bahwa periode pendaftaran beasiswa Tesis LPDP ini dibuka dua periode pada Juli-Januari dan Januari-Juli. Kelengkapan pendaftaran meliputi proposal tesis/disertasi yang telah disetujui pembimbing, transkrip nilai, surat keterangan lulus seminar proposal, rencana anggaran biaya, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa tesis maupun disertasi dari sumber lain, dan kartu tanda penduduk. 

Membantu meringankan biaya orang tua merupakan motivasi terbesar Zulfikar untuk mengajukan beasiswa tesis LPDP. “Alhamdulillah motivasi saya saat mengajukan beasiswa tesis LPDP untuk meringankan biaya orang tua. Karena penelitian saya yang harus dilakukan di Sabah, Malaysia, sehingga saya perlu biaya lebih besar untuk melaksanakannya. Saya membahas tentang bagaimana pekerja imigran asal Sulawesi Selatan bekerja di Malaysia,” ungkap Zulfikar yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Sarjana Hubungan Internasional Indonesia.

Senada dengan Zulfikar, salah satu peserta Workshop juga menyatakan maksud yang sama yakni untuk membantu orang tua, karena kuliahnya di Keperawatan UGM mendorong mahasiswanya untuk melakukan penelitian berkualitas yang membutuhkan biaya yang besar. 

“Sehingga saya sangat tertarik dengan Workshop Beasiswa Tesis ini yang merupakan solusi kegalauan yang saya alami. Beberapa senior saya yang melakukan penelitian membutuhkan biaya yang besar.  Biaya kuliah yang ditanggung orang tua saja sudah berat, kalau saya membebankan lagi biaya penelitian tesis ini tentu mereka tidak sanggup lagi, selain itu saya menargetkan untuk menyelesaikan studi dalam waktu dekat,” ungkap Azhari Baedlawi.

Beasiswa tesis dan disertasi LPDP ini dapat diajukan oleh mahasiswa pascasarjana di dalam negeri dengan persyaratan yang telah ditentukan. Dana yang diberikan bagi tesis yang menggunakan laboratorium Rp. 25.000.000 sedangkan yang tidak menggunakan laboratorium Rp. 15.000.000. Sedangkan dana disertasi menggunakan laboratorium Rp. 75.000.000 dan tidak menggunakan laboratorium Rp. 60.000.000. 

“Dana di atas merupakan pengajuan maksimal, namun tidak semua yang kita ajukan disetujui. Alhamdulillah, saya mendapatkan dana sesuai yang saya ajukan sekitar 14 juta. Tapi ada juga teman seangkatan saya awardee beasiswa tesis LPDP yang hanya disetujui 5 juta. Hal ini bergantung keterampilan menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang rasional dan efisien. Oleh karena itu, saya mengajukan beasiswa tesis ini”, tutup Zulfikar yang juga akan melanjutkan studi doktoralnya di Inggris. 

Pembaharuan informasi terkini terkait beasiswa Tesis dan Disertasi LPDP yang kini bernama Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Tesis/Disertasi terdapat dalam Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa LPDP (Booklet Beasiswa BPI). Salah satu pembaharuannya adalah pendanaan untuk beasiswa tesis dan disertasi dibagi ke dalam bidang keilmuan yakni bidang agama, pendidikan, akuntansi dan keuangan, hukum, ekonomi, sosial, budaya/seni/bahasa, dan bidang lain. Untuk dalam negeri tesis Rp. 15.000.000 dan disertasi Rp. 50.000.000. Sedangkan bidang teknik, sains, pertanian serta kedokteran dan kesehatan untuk dalam negeri tesis Rp. 20.000.000 dan disertasi Rp. 60.000.000. Selengkapnya dapat mengunduh buku panduannya melalui tautan: beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar