Rektor Baru, Semangat Baru!

Pembacaan sumpah jabatan Dr. Ir. Gunawan Budianto, M.P selaku rektor UMY periode 2016-2020.

Pada Sabtu (31/12), Dr. Ir. Gunawan Budianto, M.P resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  periode 2016-2020, menggantikan rektor periode sebelumnya, yaitu Prof. Dr. Bambang Cipto, MA. Pelantikan yang bertempat di ruang sidang lantai 5 gedung AR Fachruddin B kampus terpadu UMY ini dilakukan oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi (DIKTI) Prof. Lincolin Arsyad dan disaksikan langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir.

Rektor UMY periode 2012-2016, Bambang Cipto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras seluruh civitas akademika UMY dalam 4 tahun terakhir. Bambang Cipto juga menyampaikan harapannya terhadap kepemimpinan Gunawan Budianto selama 4 tahun kedepan. “Semoga dengan UMY yang sekarang dinahkodai pak Gunawan akan membawa UMY lebih melesat dan lebih dikenal tidak hanya di kancah nasional, tapi juga regional, bahkan internasional”.

Gunawan Budianto, selaku rektor UMY periode 2016-2020 menyampaikan sejumlah target untuk akhir kepemimpinannya nanti. “ Saya menargetkan pada 2020 nanti 70 persen program studi di UMY terakreditasi A, 60 persen dosen UMY bergelar doctor serta sebanyak 40 guru besar dimiliki oleh UMY”. Seperti diketahui bahwa hingga saat ini, masih terdapat beberapa program studi di UMY yang berakreditasi B dan C.

Gunawan juga menyampaikan bahwa tantangan lainnya adalah sejauh mana UMY bisa memberikan peran bagi persyarikatan Muhammadiyah. “Seperti visi dan misi UMY, yaitu tidak bekerja untuk diri sendiri tapi harus bermanfaat bagi umat dan persyarikatan”.

“Data menunjukkan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah 1,8 juta, sementara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) 3,9 juta. Ini menjadi tantangan bagi PTS dikarenakan jumlah mahasiswanya lebih besar. Jika ada kerusakan yang terjadi di Indonesia pada masa yang akan datang, PTS juga ikut andil disitu,” Ujar   Bambang Supriyadi, dalam sambutannya selaku Koordinator Kopertis (Koperasi Perguruan Tinggi Swasta) Wilayah V.  “Sejumlah target UMY  4 tahun ke depan sudah disampaikan oleh Pak Gunawan. Kami akan selalu fokus memantau setiap perkembangannya nanti,” tambahnya.  (FA)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar