Tambah Ilmu dan Wawasan, KPS Petita UMY Adakan Kunjungan Lapangan ke Pengadilan Militer dan PTUN Yogyakarta

Suasana persidangan perkara militer.

Komunitas Peradilan Semua (KPS) Petita Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kunjungan lapangan ke Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Yogyakarta pada Selasa (13/12). Kegiatan ini merupakan kunjungan perdana anggota KPS Petita UMY ke Pengadilan Militer dan PTUN Yogyakarta yang diinisiasi oleh Pengurus KPS Petita UMY periode tahun ini.

Kegiatan bertajuk kunjungan lapangan ini bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan anggota KPS Petita UMY tentang lembaga-lembaga peradilan khusus di luar lembaga peradilan umum, seperti misalnya Pengadilan Militer dan PTUN. Selain itu, kegiatan kunjungan ke Pengadilan Militer dan PTUN Yogyakarta oleh KPS Petita UMY ini dilakukan untuk menambah referensi anggota KPS Petita UMY apabila akan mengikuti Perlombaan Peradilan Semu di kemudian hari.

Kegiatan yang semulanya dikhususkan hanya untuk anggota internal KPS Petita UMY ini, akhirnya dibuka juga untuk umum Mahasiswa Fakultas Hukum UMY karena melihat antusiasme Mahasiswa Fakultas Hukum UMY terhadap kegiatan kunjungan ini. “Sebenarnya (red: kegiatan ini) untuk anggota, tetapi melihat antusias dari mahasisswa dan saran dari dosen bahwasannya kita bisa membuka untuk umum, tetapi ada kuotanya,” tutur Hilmi selaku Ketua KPS Petita UMY.

Pada kegiatan kunjungan ke Pengadilan Militer kali ini, anggota KPS Petita UMY berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung proses persidangan perkara militer yang berlangsung di Ruang Sidang Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta. Melihat langsung bagaimana proses persidangan dalam Pengadilan Militer menjadi pengalaman tersendiri bagi anggota KPS Petita UMY. Seperti diungkapkan oleh Qisthi Fauziyyah salah satu anggota KPS Petita UMY, “Keren banget. Ternyata beda dengan sidang di pengadilan biasa, dalam bersidang di Pengadilan Militer tata cara atau prosesnya tetap seperti dalam kemiliteran,” tuturnya.

Senada dengan Qisthi, Anita Simbolon yang juga merupakan anggota KPS Petita UMY menyatakan bahwa melihat langsung proses persidangan dalam Pengadilan Militer dapat membantunya memahami badan peradilan di Indonesia serta membuatnya mengerti secara langsung bagaimana tata cara dalam persidangan.

Berkaitan dengan keberlangsungan kegiatan ini, Ketua KPS Petita UMY berharap agar nantinya kegiatan kunjungan lapangan seperti ini dapat terus terselenggara. “Setidaknya dari kepengurusan saya yang sudah memulai (red: kegiatan ini), semoga nantinya menjadi kegiatan yang bisa dirutinkan,” tutup Hilmi. (KAF/NZ)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar